Otomotif

PERFORMA

-

Tak hanya sosoknya saja yang mewah, tapi dari sisi performa pun ‘mewah’. Buat speed junkie pasti puas begitu ngebejek Velar 3.0P R-dynamic SE. Mesin 2.995 cc V6 dengan supercharg­er di balik kap mesinnya, siap melesatkan Velar yang memiliki bobot 2,5 ton ini dengan sangat mudah.

Untuk memancing tenaga bengis yang tersembuny­i di dalam ruang mesinnya, kami coba menggunaka­n mode berkendara Dynamic. Karakter Velar pun langsung agresif, injak pedal gas sedikit saja tenaga dari Twin Vortex Supercharg­e sudah mulai ‘ ngejambak’.

Begitu pendam pedal gas hingga mentok dek, tanpa segan mesin mengeluark­an tenaga 380 PS (375 dk) pada 6.500 rpm dan torsi 450 Nm di 3.500-5.000 rpm. Dengan mudah Velar mencapai kecepatan 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5,9 detik. Bikin ‘ gatel’ buat bejek gas terus

nih, hehehe..

Tenaga mesin ini disalurkan pada transmisi otomatis 8 percepatan dengan sistem penggerak All Wheel Drive (AWD). Dimana sistem penggerakn­ya juga canggih menyesuaik­an berbagai kondisi jalan dan cara

berkemudi.

Kalau mau berkendara yang lebih tenang, bisa gunakan mode berkendara ECO. Mesin akan berubah jauh lebih ‘sopan’ dan ideal untuk melintasi jalanan ibu kota yang padat. Tapi begitu pakai mode berkendara Comfort yang merupakan mode berkendara normalnya Velar, karakter mesin akan kembali sedikit agresif.

Performa mesin Velar ini tak hanya enak buat dipakai berakseler­asi. Dengan puncak torsi yang didapat sejak putaran mesin rendah, Velar pun sangat bertenaga buat merayap di medan off-road. Tinggal pindahkan drive mode sesuai dengan kondisi medan yang dilalui, karakter mesin pun akan menyesuaik­an.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia