Otomotif

SEPUTAR IDLE UP XPANDER

-

Sempat ramai di media sosial mengenai putaran mesin (rpm) Xpander yang tiba-tiba naik atau biasa disebut idle up. Dijelaskan Rifat Sungkar lagi, menurutnya tidak ada kendala atau masalah teknis yang menyebabka­n idle up terjadi.

Menurutnya gejala seperti ini tidak akan menimbulka­n masalah pada mesin dan bagian lain ke depannya. Kondisi idle-up berhubunga­n dengan sistem AC di Xpander.

“Idle-up itu juga enggak sering terjadi, cuma ada saja orang yang ngerasain hal itu terjadi,” bilang Rifat saat acara media test drive Xpander pada Selasa (6/3) lalu.

“Jadi sebetulnya dalam mobil ada temperatur AC yang diperintah­kan sedingin mungkin, nah kadang kalau cuaca panas mobil akan mempertaha­nkan perintah dari temperatur AC yang diinginkan.

“Nah kadang-kadang kalibrasi antara mesin dan kompresor AC itu lebih mengutamak­an suhu AC yang stabil, sehingga AC nyala lebih lama daripada yang diinginkan. Tinggal dikalibras­i saja.”

Untuk mengatasi keluhan seperti ini, “PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sudah menyiapkan langkah penanganan lewat bengkel resmi, jadi bukan recall ya,” jelas Budi Derwaman, Head of Sales and Marketing Division PT.MMKSI

Pemilik Xpander cuma perlu melakukan update software pada ECU (Engine Control Unit) yang akan tersedia di bengkel resmi Mitsubishi mulai kuartal kedua tahun ini. “Kita akan update dan kalibrasi software, dan itu juga lebih pada orang-orang yang merasa kurang nyaman dengan masalah idle up,” tambah Budi lagi.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia