Otomotif

BANTENG YANG BANYAK UTANG

Tes F1, Spanyol

-

Tes kedua Formula One (F1) di sirkuit Catalunya, Spanyol (69/3) hanya terpaut beberapa hari dari tes pertama di lokasi yang sama, membawa hasil yang lebih baik bagi beberapa tim. Namun berbeda dengan Aston Martin Red Bull Racing.

Pada hari kedua, tim berlogo banteng merah ini kian impresif pada catatan waktu lewat aksi Daniel Ricciardo. Catatan waktu 1:18,047 bisa ditorehkan pembalap berkebangs­aan Australia itu, padahal pada hari pertama, rekan setimnya, Max Verstappen hanya menempatka­n diri di peringkat ketiga dengan catatan waktu terbaiknya 1:20,649.

Namun, angka 1:18 itu tidak meningkat bagi Verstappen dan Ricciardo. Ini yang membuat Red Bull menyita perhatian, karena tidak biasanya mereka kehilangan tempat dari jajaran tiga besar. Tim-tim pabrikan seperti Mercedes, Ferrari, Renault, bahkan Mclaren-renault sudah menyentuh 1:17.

Apakah ada masalah? “Kami seperti kurang evaluasi. Kami hanya meningkatk­an 0,3 detik saat tim-tim lain di atas kami bisa meningkatk­an waktunya nyaris satu detik lebih cepat,” tutur Verstappen. Pun demikian dengan tim juniornya, Toro Rosso Honda.

Tim yang tahun ini mengusung mesin Honda itu belum menemukan konfiguras­i mesin yang tepat. Dari segi teknis, belum ada peningkata­n signifikan dari catatan waktunya. Tapi bagi kedua pembalapny­a yang masih debutan, Piere Gasly dan Brendon Hartley harus beradaptas­i lebih baik lagi dengan STR13.

“Ini musim yang sulit bagi tim kami. Saya sendiri masih banyak belajar dan Honda juga merupakan mesin baru di keluarga Toro Rosso. Racing line saya masih bagus, tapi dari segi catatan waktu sekarang kami seperti tidak punya kesempatan untuk masih 10 besar dan meraih point,” lirih Hartley.

KEPUASAN PRIBADI

Masalah ini punya dampak positif bagi Hartley, ia menjadi lebih sering berdiskusi dengan tim dan punggawapu­nggawa dari Honda. Ini membuatnya lebih cepat diterima dan bergaul dengan tim, sebuah hal yang penting bagi pembalap rookie.

Hal penting lainnya datang dari kubu Mclaren-renault yang puas masuk ke jajaran tiga besar. Fernando Alonso yang menjadi andalan tim berkelir jingga ini sukses menorehkan waktu 1:17,784 pada hari terakhir (9/3).

“Alonso kini senang, ia bukan pembalap yang banyak mau. Harapannya agar catatan waktunya bisa menempel tim sekelas Ferrari sudah tersampaik­an. Kami tinggal mengolah data yang hampir matang lebih keras lagi. Jika hasil ini kian bagus, kami yakin bisa mengembali­kan Alonso di mana ia seharusnya berada,” kata Eric Boullier, Mclaren Racing Director.• DAB

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia