Otomotif

CHECK ENGINE NYALA, MENTOK 3.000 RPM

-

Mas Andhika, langsung saja mau nanya tentang check engine yang tiba-tiba nyala. Kok putaran mesin hanya bisa maksimal 3.000 rpm saja? Trus maksimal berapa km bisa dipake jalan jika check engine nyala? Soalnya di sini gak semua bengkel punya alat diagnostik­nya. Ke beres juga jauh, kudu ke Magelang dulu. Terimakasi­h atas jawabannya! Deni Trias Nugraha Dusun Sepikul, Desa Mojotengah Kec. Kedu, Kab. Temanggung - Jawa Tengah 56252

Hallo Mas Deni. Wah, kami turut prihatin dengan masalah yang Anda alami. Sayangnya, Mas Deni tidak menyebutka­n mobil apa yang mas gunakan itu. Serta di kondisi seperti apa putaran mesinnya hanya mentok 3.000 rpm. Sebab pada beberapa mobil, contohnya di Suzuki Ertiga GX AT yang saya pakai, saat kondisi diam dan transmisi di ‘N’ atau ‘P’, meski pedal gas diinjak full, putaran mesin hanya mentok di 3.000-an rpm. Beda kalau mobil dijalankan, bisa di atas 6.000-an rpm.

Hal tersebut lantaran putaran mesin terkena limiter saat mobil tidak dijalankan (posisi gigi netral). Tentunya untuk alasan safety. Namun di mobil lain kayak Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan sebagainya, meski mobil dalam kondisi diam, putaran mesinnya bisa sampai tinggi.

Nah, bila mobil Mas Deni termasuk yang mirip-mirip karakter mesinnya macam Avanza, Xenia yang tidak dibatasi putaran mesinnya saat transmisi dalam kondisi netral, ada kemungkina­n karena dipengaruh­i oleh kerusakan yang terjadi, yang membuat indikator check engine nyala.

Kalau mesin tidak mati saat check engine nyala, artinya kerusakan yang terjadi bukan pada komponen vital, seperti yang berhubunga­n dengan sistem bahan bakar dan pengapian. Sebab kalau terjadi pada kedua sistem ini (bahan bakar dan pengapian), misalnya fuel pump mati, ECU atau koil bermasalah dan sebagainya, bisa dipastikan mesin bakal gak mau hidup.

Jadi dengan kata lain jika mesin masih nyala, mobil masih bisa di jalankan. Hanya saja performa mobil jadi tidak maksimal, lantaran ada komponenny­a yang bermasalah. Lalu mengenai seberapa jauhnya mobil bisa dijalankan dalam kondisi check engine nyala, saya rasa tergantung apakah kerusakan yang terjadi akan merembet ke sistem lainnya yang ada di mobil atau tidak. Jika sampai merembet, tentunya jadi tidak bisa jauh.

Jadi, saran kami sebaiknya Anda sesegera mungkin memeriksak­an mobil Anda itu ke bengkel, untuk ditelusuri komponen mana yang bermasalah. Semoga cepat teratasi ya, aamiin..!

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia