Otomotif

SI KECIL SANG PENYELAMAT

Sekring

-

Di setiap kendaraan terdapat berbagai macam pengaman. Mulai pengaman tubuh alias seatbelt di mobil sampai pengaman yang paling kecil alias sekring.

“Walau bentuknya kecil, namun fungsi sekring amat vital. Yaitu untuk memutus aliran listrik saat terjadi hubungan arus pendek listrik yang disebabkan oleh kelebihan arus,” ujar Wahyu, Service Advisor Mitsubishi Pos Pengumben, Jakbar.

Lanjut Wahyu, cara kerja sekring adalah saat ada kelebihan arus yang mengalirin­ya, ia akan putus dengan sendirinya. Karena fungsinya tersebut, sekring disebut juga komponen pengaman. Karena bisa mencegah terjadinya kebakaran akibat korsleting listrik.

Biar lebih paham, yuk kita mengenal lebih jauh tentang ‘si kecil’ ini. Mulai dari tipenya, lokasi, besaran ampere, cara baca kode, penyebab putus dan sebagainya. • RSP

Pada OTOMOTIF edisi 36:XXVII yang lalu, telah diulas komparasi motor sport 250 cc. Hanya saja data yang dibandingk­an belum lengkap, lantaran kala itu New Kawasaki Ninja 250 belum ditest ride.

Sesuai janji, kali ini kami sajikan data lengkapnya, termasuk ada konsumsi bensin serta komparasi tenaga dan torsi di roda hasil dari pengetesan pakai dynamomete­r.

Bedanya, kali ini kami fokus membanding­kan sang juara bertahan All New Honda CBR250RR melawan penantangn­ya New Kawasaki Ninja 250. Untuk Yamaha YZF-R25 terpaksa jadi penonton dulu, karena pada komparasi sebelumnya sudah dikalahkan All New CBR250RR.

Bagaimana hasilnya? Siapa pemegang mahkota motor sport 250 cc? Mari simak! • Tim

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia