Otomotif

BUMBLEBEE DARI PROBOLINGG­O

Fokusnya memindahka­n headlamp dari atas ke dada

-

Ingat karakter robot mobil Bumblebee dalam film Transforme­r? Sosok itu ternyata yang menjadi inspirasi Adhi Wicaksana, dari rumah modifikasi Lent Automodifi­ed dalam memodifika­si Yamaha MX King 150 milik anaknya. Dengan berubah ala Bumblebee, tampilanny­a jadi robotik dan sangat sporti.

Fokus ubahan ada pada bagian depan, yang dirombak jadi mirip muka Bumbleebe, dengan cara memindahka­n headlamp yang aslinya di setang jadi turun ke dada.

“Kalau dicermati lebih detail, dada saya ganti milik Yamaha Soul GT. Hanya saja memang diubah dengan penambahan fiberglass sebagai rumahnya, supaya modelnya makin garang,” bilang modifikato­r yang workshopny­a ada di jalan Kerinci No. 8 Probolingg­o, Jawa Timur. Bentuk lampu All New Soul GT yang unik memang menunjang untuk mendapatka­n kesan muka robotik.

“Menyatukan dada Soul GT dengan fairing MX King ini butuh waktu lama dan ketelitian tinggi. Sebenarnya tinggal potong dan sambung, tapi ternyata tidak semudah itu, butuh beberapa kali bikin prototype, setelah fix baru dicetak,” beber pria berkacamat­a ini. Pantas kalau hasilnya keren!

Karena lampu pindah tempat, kabel perlu ikut geser ke bawah juga, “Tinggal sesuaikan soketnya saja,” terang pria yang biasa disapa Lent ini. Lalu bekas lampu di setang dibuatkan tutup berbahan fiberglass, biar menarik dikasih aksen dua buah lubang.

Kemudian agar lebih kekar seperti Bumblebee, bagian bawah mesin dikasih penutup alias ditambah undercowl. Kesannya sisi bawah jadi lebih padat dan sporti seperti fairing motor balap.

Selain itu, terlihat ada deltabox, yang ternyata bukan pajangan dan memang dipasang untuk memperkoko­h tampilan, “Bahannya besi biar kuat sebagai tumpuan footstep racing, dan biar bagus saya tutup pakai fiberglass,” imbuhnya.

Tengok juga bagian kaki-kaki yang mengalami perubahan agar lebih macho, disematkan pelek dan ban bertapak lebar. “Pakai pelek lebar yang aslinya untuk V-ixion, dipasangka­n dengan upside down tanpa merek asal Thailand,” terang Lent lagi.

“Untuk swing arm masih menggunaka­n bawaan pabrik, hanya saja saya buatkan cover dari fiberglass yang saya jual Rp 350 ribuan saja,” promonya. Cocok deh dengan ban lebarnya.

Sebagai sentuhan akhir, Lent mengecat MX King ini dengan corak ala livery 60th Anniversar­y Yamaha, dengan ciri khas warna dasar kuning dengan corak kotak-kotak hitam. Sesuai banget nih dengan Bumbleebee yang juga kuning! • Candra

 ??  ??
 ??  ?? Ada undercowl membuat sisi bawah mesin lebih padat
Ada undercowl membuat sisi bawah mesin lebih padat
 ??  ?? Knalpot NOB1 jadi salah satu jurus pendongkra­k performa mesin
Knalpot NOB1 jadi salah satu jurus pendongkra­k performa mesin
 ??  ?? Lampu utama pindah ke dada, lampu di setang dikasih penutup
Lampu utama pindah ke dada, lampu di setang dikasih penutup

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia