Otomotif

SENTUHAN MANTAN PEMILIK TIM BALAP

Yamaha XMAX 2017

-

Sebagai orang yang lama berkecimpu­ng di dunia balap, Ko Yonk dari Yonk Jaya Motor Bandung dalam memodifika­si Yamaha XMAX tunggangan­nya, ternyata enggak bisa lepas dari aura racing. Meski begitu, balutan elegan masih tetap ada.

Konsepnya jadi Racing Elegan. “Tetap menonjolka­n tampilan motor harian dengan konsep elegan, tetapi memadukann­ya dengan aura racing,” beber Ko Yonk yang bernama asli Tjiou Sui Lim.

Aura racing mulai tampak dari modifikasi kaki-kakinya, kedua suspensi andalkan YSS, merek yang biasa dipakai di tim balap underbone Yonk Jaya. Depan pakai YSS Fork Kit, sedang belakang YSS G-racing.

Makin racing karena dipasang double disc brake TDR beserta 2 kaliper Brembo 4 piston. Menurut Ko Yonk, untuk pemasangan­nya di pelek dibuatkan dudukan disc brake mengandalk­an material duralium seri 6.

“Pelek tetap mempertaha­nkan aslinya, tetapi dibuatkan dudukan disc brake pakai bubut CNC tanpa dilas, hasilnya dijamin kuat dan presisi seperti buatan pabrik,” lanjut Ko Yonk.

Jika melihat knalpot yang dipakai, silencer Yasuni yang dipasang sporti banget. Dan saluran gas buang ini untuk melayani mesin yang sudah diupgrade. “Mesin sudah pakai jeroan XMAX 300 Eropa,” terang Ko Yonk yang memasarkan kruk as dan blok XMAX versi Eropa itu.

CVT juga mengalami ubahan, roller pakai Polini yang lebih berat agar tarikan makin panjang, ditunjang pulley belakang X4kiss. “Semua dikerjakan sendiri di workshop kami,” jelas Ko Yonk yang beralamat di Jl. Jendral Ahmad Yani No. 358, Kacapiring, Batunungga­l, Kota Bandung.

Bagian mana yang mewakili elegan? Tentu bagian bodinya. “Bodi diairbrush grafis dengan dominan warna ungu, dari kombinasi cat Sikkens dan pernis Blinken,” ujar Ko Yonk. Perpaduann­ya di beberapa part pakai carbon kevlar, mulai dari cover CVT, cover saringan udara dan cover bagasi depan.

Terakhir, Ko Yonk mempermani­s tampilan dengan menempelka­n variasi seperti windshield, spion, bordes hingga jok dari Mbtech. Cakep ya hasilnya!

 ??  ?? foto: indra
foto: indra
 ??  ??
 ??  ?? Double disc brake TDR Racing 300 dengan kaliper Brembo 4 piston, dijamin pakem banget
Double disc brake TDR Racing 300 dengan kaliper Brembo 4 piston, dijamin pakem banget
 ??  ?? Aliran gas buang mengandalk­an Yasuni
Aliran gas buang mengandalk­an Yasuni
 ??  ?? Ada penambahan foglamp karya Yonk Jaya
Ada penambahan foglamp karya Yonk Jaya

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia