Otomotif

DONASI ILMU KE PERGURUAN TINGGI

Toyota

-

Dalam mengatasi kesenjanga­n kebutuhan industri dan sumber daya manusia (SDM), corporate social responsibi­lty (CSR) PT. Toyota motor manufactur­ing Indonesia ( TMMIN) memberikan kuliah umum dan donasi kepada mahasiswa Teknik Industri di Gedung Teknik Industri, Universita­s Diponegoro (UNDIP), Semarang, Jateng.

melalui program “Toyota Berbagi Ilmu” tersebut donasi berupa alat peraga laboratori­um. Terdiri dari satu paket Laboratori­um Lean Manufactur­ing, satu paket Laboratori­um Lean Production System, dan satu mesin Kijang Innova.

menurut warih Andang Tj, Presiden Direktur PT TMMIN menyampaik­an dalam kuliah umum bahwa ketiga donasi bertujuan untuk simulasi situasi nyata di dunia industri sehingga dapat menjadi jembatan penciptaan SDM global.

“Kesenjanga­n antara kebutuhan industri dan SDM yang berpotensi dapat diatasi melalui generasi muda yang potensial bagi bangsa Indonesia, sehingga kami berharap dengan aktivitas donasi alat peraga

pendidikan dan kuliah umum ini mahasiswa dapat mengenal industri sesungguhn­ya,” ujar warih Andang Tj.

Selain UNDIP, Toyota sebelumnya juga sudah mendonasik­an satu paket Laboratori­um Lean Production System kepada Universita­s Indonesia (UI) di 2015. Rencananya selain UNDIP dan UI, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) juga akan menjadi tujuan selanjutny­a.

Ketiga universita­s ini diharapkan dapat menjawab tantangan kebutuhan link and match antara industri dan pendidikan.

Rektor UNDIP Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH., m. Hum berharap UNDIP sebagai salah satu role model perguruan tinggi untuk program donasi disebabkan universita­s ini menjadi salah satu dari 10 universita­s terbaik berdasarka­n penilaian Kemenriste­k DIKTI di 2017.

Dalam menghadapi tantangan industri Indonesia ke depan secara global, terutama industri manufaktur yang terus meningkat, pemberikan dukungan Toyota di bidang praktikum pendidikan perguruan tinggi menjadi alasan utama agar lulusan memiliki pengetahua­n teori yang baik juga memiliki keterampil­an praktik industri mumpuni. • SGT

 ?? ISTIMEWA ??
ISTIMEWA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia