Otomotif

model

-

Untuk pemilihan juga harus dilihat sesuai tinggi dan usia anak. Terdapat tiga varian model yang diperjualb­elikan, yakni carrier, infant carseat dan booster. “Untuk carrier lebih diperuntuk­kan bagi usia bayi karena bisa dijinjing dan juga dipasang menggunaka­n stroller,” kata Wiji, penggawa dari Kyrakidz Serpong, Tangerang.

Untuk model infant carseat, ia mengatakan bisa digunakan untuk balita dengan batasan usia dua sampai empat tahun. “Kalau model ini bagian kepalanya bisa di adjust untuk ditinggika­n menyesuaik­an tinggi anak,” lanjut Wiji.

Sedangkan model booster khusus bagi anak yang sudah berusia di atas empat tahun namun belum memiliki tinggi badan yang cukup untuk menggunaka­n safety belt sendiri. “Sebagai penambah tinggi supaya safety belt tidak menyentuh leher anak,” imbuh Fery. Sebagai informasi, anak dengan tinggi mulai 135 cm baru bisa pakai safety belt regular mobil.

Selain itu, tersedia juga beragam tipe, yang masih mengaitkan child seat dengan safety belt dan yang sudah dilengkapi fitur Internatio­nal Standar Organizati­on Fix (ISOFIX) untuk lebih memudahkan pemasangan. Selain itu juga punya kelebihan lain yakni bisa berputar 360 derajat.

“Karena kalau sudah menggunaka­n ISOFIX bisa langsung dipasang ke besi yang tersedia sehingga lebih aman,” imbuh Wiji yang sudah empat tahun bekerja di Kyrakidz.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia