Otomotif

PERFORMA

-

Pada sesi pengetesan bersama ini, pihak NMI hanya menyediaka­n Datsun Cross varian transmisi otomatis Xtronic CVT. Karena ini merupakan hal baru yang ditanamkan pada kendaraan produksi Datsun. Tak salah kalau Datsun hanya mengadakan unit otomatis dalam test kali ini, yang kabarnya ada peningkata­n dari segi tenaga.

Oh iya, mesin yang digunakan kodenya HR12DE, dengan kapasitas 1.200 cc berbahan bakar bensin. Ya, ini mesin yang sama persis dengan Datsun GO. Namun pada Datsun Cross bertransmi­si otomatis CVT, tenaga mesinnya dikoreksi lagi. Jika pada varian bertransmi­si manual hanya mengail power maksimum 68 PS (67 dk) di 5.000 rpm, maka pada varian transmisi CVT tersebut naik 10 PS jadi 78 PS (76,9 dk) di 6.000 rpm.

Peningkata­n tersebut berdampak pada kemampuan akselerasi­nya. Buktinya, tarikan mobil terasa lebih bertenaga meski mengusung transmisi CVT. Anda tinggal kick down saja pedal gasnya, maka putaran mesin akan ditahan pada 6.000 rpm oleh transmisi CVT, untuk mencapai puncak tenaga.

Namun, buat yang tidak terbiasa pakai transmisi CVT, mungkin akan merasa tarikan Cross rada ‘ belet’. Maklumlah, karena sensasi perpindaha­n gigi pada transmisi CVT ini tidak ada alias step-less. Jadi mobil hanya berakseler­asi tanpa ada entakan perpindaha­n gigi.

Tapi, berkat transmisi CVT ini, mengendara­i Datsun Cross jadi lebih nyaman. Apalagi untuk kondisi jalan ibu kota yang karakterny­a stop and go.

 ??  ?? Suasana kabin sudah jauh lebih baik, baik dari sisi kenyamanan dan tampilan. Sangat terasa saat duduk di baris pengemudi
Suasana kabin sudah jauh lebih baik, baik dari sisi kenyamanan dan tampilan. Sangat terasa saat duduk di baris pengemudi
 ??  ?? Head unit layar sentuh 6,75 inci, dilengkapi banyak fitur zaman now
Head unit layar sentuh 6,75 inci, dilengkapi banyak fitur zaman now

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia