Otomotif

TIPE SEKRING

-

Dalam otomotif, ada beragam tipe sekring yang digunakan. Salah satunya adalah berbentuk tabung gelas kecil atau biasa disebut sekring botol. Sekring model ini memiliki lapisan logam pada kedua ujungnya dan seutas kabel yang menghubung­kan kedua ujung logam sekring. “Sekring model ini umumnya dipakai pada mobil-mobil keluaran lama,” ujar Susanto dari Jayapura Motor di Duta Mas Fatmawati, Jaksel.

Tipe lainnya adalah model tabung keramik. Berbentuk silinder dengan bahan keramik sebagai insulator kelistrika­nnya. Di kedua sisi terminalny­a terlihat sedikit menyudut dengan bahan terminal besi kuningan.

Sedangkan model yang banyak digunakan sekarang adalah model tancap atau blade. Bentuknya pipih dari bahan plastik transparan. Didalamnya terdapat seutas lengkungan kawat yang menghubung­kaan antara kedua kakinya.

Selain itu, ada juga sekring kotak atau nama lainnya fusible link. Bentuknya serupa dengan model tancap, hanya saja dimensinya lebih besar. “Penggunaan sekring ini khusus untuk peranti elektronik dengan beban listrik besar. Seperti kompresor AC, alternator, pengapian hingga pompa bahan bakar,” kata Wira, pemilik toko SACS Asia Jaya di Pondok Gede, Bekasi.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia