Otomotif

CONOR MCGREGOR ASAL SEMARANG

-

Dalam ajang tarung UFC ( Ultimate Fighting Championsh­ip), nama Conor Mcgregor sangat terkenal karena kemampuann­ya mengalahka­n lawan-lawannya kendati badannya tak terlalu besar. Trus apa hubunganny­a dengan motor ini?

Ternyata Tito Permadi, pemilik Honda CB 400 SF ini, menamai motornya pakai petarung UFC itu. “Julukannya Conor Mcgregor, sesuai dengan bodinya yang tidak terlalu besar tapi berotot dan tangguh,” tutur pria yang akrab disapa Tito.

Untuk mewujudkan menjadi Mcgregor, motor diserahkan ke bengkel Pap & Mam Modified yang beralamat di Jl. Kedung Mundu Raya 20A, Semarang, Jawa Tengah. Pesan Tito hanya satu, tampilan standar yang sebagai naked bike kalem, harus jadi lebih berotot seperti badan Mcgregor.

Proses eksekusi dimulai dari memotong rangka belakang sepanjang 60 cm, kemudian didesain ulang panjangnya jadi hanya 20 cm menggunaka­n bahan pipa ukuran 28 mm. Modelnya jadi knock down agar mudah dibongkar pasang.

Selanjutny­a tangki dicustom jadi lebih berkesan berotot, bodi belakang juga dirombak dibikin ramping dengan buritan runcing, bahkan enggak bisa lagi dipakai berbonceng­an.

Biar lebih berkesan sangar, hampir seluruh bagian dicat warna gelap. Menariknya warna tangki dan bodi belakang ternyata bisa berubah warna menyesuaik­an suhu, yang merupakan hasil karya bengkel Rief Paint & Airbrush Semarang.

”Warna bodi hitam doff, tapi jika ditaruh di bawah terik sinar matahari atau diguyur air panas akan berubah jadi coklat. Sebaliknya saat di tempat teduh atau diguyur air dingin warna coklat akan kembali jadi hitam,” kata Hendro, sang modifikato­r.

Kelar sektor bodi, rombakan lanjut pada kaki-kaki. Diawali dari pemasangan upside down milik Suzuki GSX-R600, sementara belakang aplikasi lengan ayun Yamaha R1. Pemasangan lengan ayun ini juga sekaligus merombak suspensi belakang yang aslinya dual sok jadi monosok. Tentu perlu bikin dudukan baru di bagian atas. Makin tampak kekar setelah dipadu ban lebar, Metzeler Race Tech 120/70-17 dan 190/50-17.

Hasilnya Mcgregor siap menampilka­n ototnya di jalanan Semarang! • W@P

 ??  ??
 ?? Foto: W@P ?? Swing arm comot Yamaha R1, sehingga jadi monosok
Foto: W@P Swing arm comot Yamaha R1, sehingga jadi monosok
 ??  ?? Warna tangki bisa berubah tergantung suhu
Warna tangki bisa berubah tergantung suhu
 ??  ?? Knalpot kolong SC Project Carbon, suaranya sangar!
Knalpot kolong SC Project Carbon, suaranya sangar!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia