Otomotif

PERSAINGAN SEMAKIN SERU NIH! komentar

- r. Panji Maulana Editor in Chief panjioto@gmail.com

Menyaksika­n seri perdana Motogp minggu malam (18/3) lalu enggak salah kalau dibilang persaingan antar rider semakin seru. Bahkan sanggup nontonnya menggugah adrenalin. Bayangkan saja, aksi empat rider; Johann Zarco, Marc Marquez, andrea Dovizioso dan Valentino rossi bikin mata ogah berkedip. Karena sejak start hingga finish persaingan­nya memang sangat ketat, apalagi di lima lap terakhir.

Dan yang patut diacungi jempol lagi adalah aksi rossi di sirkuit Losail, Qatar kemarin itu. usia boleh tua alias tidak muda lagi untuk seoarang pembalap motor tapi semangat rider berusia 39 tahun ini masih sanggup mengimbang­i rivalnya. Ini baru seri pertama udah begini, mudahmudah­an 18 seri mendatang bisa semakin seru lagi.

Itu di dunia balap motor internasio­nal, ada yang tidak kalah serunya di pasar kendaraan roda empat tanah air nih. setelah rekap data wholesales Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) resmi dilansir tengah Februari lalu,, terjadi kehebohan di media-media otomotif nasional bahkan dibuat meme dan beredar di sosmed.

Yes betul, persaingan terjadi di segmen LMPV. tepatnya setelah bertahun-tahun toyota avanza mendominas­i angka wholesales LMPV, di bulan Januari - Februari 2018 akhirnya harus ‘bertekuk lutut’ kepada Mitsubishi Xpander.

Dari data Gaikindo tersebut, tercatat bahwa penjualan avanza sebesar 14.316 unit, sementara Xpander mencapai 14.479 unit. perbedaann­ya memang tidak terlalu besar, hanya selisih 163 unit.

Inikah pertanda kalau dominasi avanza akan diambil alih Xpander di tahun ini? Belum tentu! Karena 2018 masih menyisakan banyak waktu. Lalu data Gaikindo tersebut merupakan data penjualan dari pabrik ke dealer, bukan data penjualan ke konsumen atau biasa disebut retail sales.

Meski begitu, ini pertanda kalau persaingan di LMPV bakal semakin seru seperti halnya seri pertama di Motogp di Qatar kemarin. siapa pemenang di tahun ini? Kita pantau terus sepak terjangnya avanza vs Xpander eh Marquez vs Dovizioso. •

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia