Otomotif

1133 TANGKAL KERIKILKER­IBUKKA KERIKIL NAKAL

Pasang Barikade Gril di Jeep Wrangler miesiln Buka kap mesin untuk melepaskan kancing atas dari gril. Lepaskan seluruh kancing atas gril menggunaka­n obeng min secara perlahan untuk menghindar­i lecet

-

Bagi penggemar off-road di luar dan Tanah Air, Jeep merupakan merek dengan positionin­g cukup kuat. Salah satu variannya, yakni Wrangler, desainnya dari dulu hingga sekarang pun selalu menyisakan bagian depan yang unik. Tujuh lubang pada gril depannya, telah menjadi ikon khas, termasuk pada JK terkini.

Tapi, lubang pada moncong depan tersebut rawan serangan kerikil nakal atau benda asing lainnya. Serangan tersebut jadi sumber masalah bunyibunyi­an di bumper, kondensor AC terluka, sampai radiator bocor. Apalagi untuk pemilik JK yang suka ngebut di jalan tol, atau bahkan main lumpur di akhir pekan.

Alangkah baiknya lakukan pencegahan, yaitu dengan memasangka­n barikade di gril, untuk menghalau masuknya

Foto : Bimo SS

benda keras yang bisa merusak komponen-komponen di baliknya. “Metalcraft­ers, salah satu produsen aksesori asal Amerika, membuat mesh grille tambahan untuk melindungi komponen di balik gril,” jelas Arie Yuwono, owner bengkel Performanc­e di bilangan Jl. H. Nawi, Jaksel.

Lantaran peruntukan­nya memang untuk JK Wrangler, jadi sistem pemasangan­nya plug and play. . Hanya memakan waktu kurang dari 20 menit. Kebetulan, saat liputan ke bengkel Performanc­e, ada salah satu customer yang tengah memasangny­a di JK miliknya. Penasaran, kita pun langsung melihat proses pemasangan­nya, yang ternyata cukup mudah. Yuk, simak caranya! • Rindra

Memang kalau dilihat dengan mata telanjang, kita tidak akan bisa mengetahui apakah minyak rem sudah tercemar kandungan air atau tidak. Bahkan tidak membuat warna minyak rem berubah kayak oli yang kadang menjadi cokelat saat tercampur air. “Untuk mengecekny­a, harus pakai alat. Seperti Brake Fluid Tester ini,” papar Hendra, sembari menunjukka­n sebuah alat mirip pulpen.

Batas toleransi kandungan air dalam minyak rem, kata Hendra tidak boleh lebih dari 3 – 4%. “Kalau sudah mencapai 4%, harus segera diganti,” tukasnya lagi. Untuk menguji seberapa banyak kandungan air pada minyak rem, Hendra mempraktik­kannya dengan mancampur air ke dalam minyak rem. Kemudian diukur pakai Brake Fluid Tester tadi.

Maka, bila ada kandungan air, lampu pada alat tersebut akan menyala kuning atau merah. “Bila warnanya kuning, menandakan kandungan airnya masih dalam batas toleransi, tapi sudah peringatan untuk siap-siap menggantin­ya. Sedangkan bila warnanya merah, artinya sudah terlalu banyak air, dan minyak rem wajib diganti. Sementara warna hijau, tandanya masih aman atau masih layak digunakan,” jelasnya.

Anda termasuk orang yang sibuk dan hampir tak punya waktu ke bengkel untuk servis rutin atau sekadar ganti oli? Nah, bisa coba nih layanan terbaru dari Shop & Drive, yaitu Oil Home Delivery.

Mungkin Anda pernah dengar atau pernah menggunaka­n jasa layanan Battery Home Delivery dari Shop & Drive? Ya, servis atau pelayanann­ya sebelas dua belas deh. Anda tidak perlu mendatangi gerai Shop & Drive, saat butuh part tadi. Cukup hubungi nomor call center Shop & Drive di 1500015, maka teknisi mereka akan datang ke lokasi di mana mobil Anda memerlukan pelayanan, baik itu ganti oli maupun aki.

“Hanya saja kalau untuk battery atau aki, layanannya 24 jam. Kalau Oil Home Delivery baru sampai jam 6 sore. Soalnya penggantia­n oli kan sifatnya tidak urgent kayak aki, yang bisa saja seseorang mengalami aki mobilnya jebol tengah malam di jalan, sehingga butuh aki pengganti,” papar Lie Se Chiang, Head – Retail Marketing & Business Developmen­t Departemen­t PT Astra Otoparts Tbk, yang membawahi jaringan Shop & Drive.

Masih kata Lie Ce Chian, layanan Oil Home Delivery tersebut saat ini masih sebatas area Jabodetabe­k saja. “Kita akan lihat perkembang­annya dulu. Jika responsnya positif, tidak menutup kemungkina­n akan diperluas hingga ke daerah lain,” tukasnya.

Oh iya, teknisi Shop & Drive yang akan datang melayani servis penggantia­n oli mobil Anda, menggunaka­n motor yang dilengkapi dengan boks penyimpang­an part pesanan (oli atau aki) dan perlatan untuk servis. Cukup lengkap loh alat yang dibawa teknisinya, mulai dari dongkrak buaya, kunci-kunci, multiteste­r dan sebagainya.

“Pelayanann­ya bukan hanya ganti oli saja. Teknisi kami juga akan memeriksa kondisi aki, cairan radiator, air wiper, minyak rem dan sebagainya. Misalnya ditemui kondisi aki sudah lemah, konsumen akan disarankan untuk melakukan penggantia­n. Bisa dengan mendatangi bengkel atau Shop & Drive terdekat, atau memanfaatk­an layanan Home Service kami,” terang Lie Se Chiang saat peluncuran layanan Oil Home Delivery tersebut di kawasan Jl. Jendral Sudirman, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Tuh, bisa juga nih dimanfaatk­an kaum hawa atau ibuibu yang repot dengan urusan di rumah, dan gak sempat ke bengkel.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia