Otomotif

PENGGANTIA­N MINYAK REM

-

Soal ini, masih banyak yang lalai atau mungkin pada belum tahu. Menurut Hendra, penggantia­n minyak rem harus dilaukan secara berkala, agar kinerja sistem pengereman selalu baik. Dengan kata lain, Anda jangan hanya fokus pada kampas remnya saja, minyak rem pun harus diperhatik­an.

“Meski mobilnya baru, kalau sudah menempuh jarak 20.000 kilometer, minyak rem harus dikuras dan diganti baru,” wanti pria yang berkantor di Jl. Pluit Raya No.47, Jakarta Utara ini. Alasannya ya seperti yang disebut di atas, dikhawatir­kan minyak rem sudah mengandung banyak air. Meskipun secara kasat mata, minyak rem di tabungnya masih terlihat bening atau belum kotor.

“Maksimal sampai jarak tempuh 30.000 kilometer, minyak rem wajib dikuras dan ganti baru. Biasanya pada jarak tempuh segitu, minyak rem sudah terlihat mulai keruh dan kemampuan menahan pasanya sudah berkurang,” tukas Muhammad Tasrikin, punggawa Kien’s Abadi Motor di sentra onderdil Ramanda, Depok, Jawa Barat.

Punya Mitsubishi Xpander? Aplikasika­n hood damper keluaran Nippon Racing dong biar semakin keren dan gaya. Bukan cuma itu saja, dengan pakai hood damper ini, tak perlu lagi besi penyangga. Karena dengan sistem shock dan gas nitrogen akan menopang kap mesin LMPV Mitsubishi tersebut. Pemasangan­nya pun mudah, karena sudah dilengkapi adaptor tanpa perlu pengeboran. Perangkat ini tersedia dengan pilihan warna hitam dan putih.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia