Otomotif

DARI MENUNDUK JADI PENGGARUK

Modifikasi Triumph Truxton 900 2013 Headlamp

-

Triumph Truxton 900 ini sejatinya ketika keluar dari pabrik beraliran cafe racer. Tentu saja bentuknya khas sporti yang klasik, pakai setang jepit, buntut tawon dan ada 2 knalpot bersilence­r menjulang. Namun oleh Idho Idris selaku punggawa Galeri Motor (Gator), dirombak jadi scrambler.

“Karena saya bukan penyuka motor nunduk, makanya saya ubah jadi scrambler,” buka pria yang biasa disapa Bule yang memberikan nama baru pada motor ini jadi ‘Scrambler Thrux 900’.

Pengerjaan dimulai dari melepas buntut tawon dan mengganti jok jadi model rata. Selanjutny­a mengcustom sepatbor depan dan belakang jadi lebih mungil menyesuaik­an konsep scrambler. Lalu dipadukan ban beralur kasar dari Pirelli. Ukurannya juga khas scrambler, depan 19 inci dan belakang 17 inci.

Karena dirancang untuk bisa dipacu di trek off-road, suspensi belakang diganti pakai yang punya travel lebih panjang, “Agar redaman lebih optimal,” terang modifikato­r yang ngepos di Jl. Ir. H. Juanda Ciputat Raya No 38 A, Ciputat, Tangsel.

“Sektor depan tidak pakai upsidedown, tapi pakai bawaan Triumph Scrambler agar lebih empuk,” lanjut Bule yang juga pasang karet fork supaya lebih klasik. Setang pakai model fatbar yang juga tinggi dan lebar biar posisi duduk lebih nyaman.

Lampu utama dari Jvb Custom yang berwarna kuning dibuat menyatu pada celah sok depan, dengan dibuatkan rumah yang ditanam agar motor tampak ramping. Makin berkesan ramping setelah sein depan dan belakang dipasang tersembuny­i.

Seperti scrambler umumnya, Bule juga memasang dek pelindung mesin agar aman saat diajak melindas trek off-road. Selanjutny­a perangkat gas buang dua kanal milik Thruxton 900 pun ikut diubah jadi model menyamping khas scrambler.

Terakhir, Bule memberi sentuhan warna cerah untuk menghindar­i kesan monoton. “Biasanya banyak pemilik motor custom yang memilih warna gelap. Nah, biar enggak monoton dipilih warna biru telur asin,” tutup Bule.

Cakep dah! • Fajrin

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia