Otomotif

TAMPIL LEBIH AGRESIF DAN MENARIK

Ganti Stoplamp Yamaha XMAX

-

BCARA MUDAH DONGKRAK PERFORMA

ukan rahasia lagi kalau performa mesin Kawasaki W175 tergolong smooth. Jika dianalisa, salah satunya karena knalpotnya pakai catalytic converter yang sangat rapat agar emisi gas buang bisa ditekan, lantaran masih pakai karburator.

Bagaimana cara termudah mendongkra­k performa? Tentu saja ganti knalpotnya pakai versi free flow. Dengan pembuangan lebih lancar, maka performa bisa terdongkra­k. Namun dengan catatan sebaiknya pasokan bensin juga dicek, jangan sampai kekeringan, pastikan setelah dipakai tidak brebet dan warna busi merah bata. Jika terlalu putih artinya ukuran spuyer harus diperbesar.

Ada apa saja knalpot untuk W175 ini? Pertama ada produk dari bengkel Katros Garage yang digawangi Andi “Atenk” Akbar, yang menyuguhka­n knalpot berbahan stainless steel yang dikasih label Katros Muffler (Gbr.1). Knalpot full system ini dibuat dengan metode las TIG atau las cacing. “Harganya Rp 1,2 juta,” terang Atenk yang bermarkas di Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

Pilihan kedua ada knalpot buatan bengkel Street Arts Custom (SAC) dari Depok, Jabar yang menawarkan silincer custom model megaphone (Gbr.2) yang bisa dipasang ke leher knalpot standar W175 yang bawaannya model slip- on. Produk SAC baut yang dapat dibuka dengan obeng plus dan satu lagi dengan kunci ring 10.

Sekarang tinggal membuka lampu standar dengan melepas 2 buah baut pakai kunci T10 dan 3 baut dengan obeng plus. Jangan lupa juga cabut konektor lampu (Gbr.4).

Lanjut, stoplamp JPA bisa dipasang. Pa’e mewanti, saat pemasangan jangan lupa menyesuaik­an lampu dengan dudukannya. “Agar terpasang rapi dan tak ada celah (Gbr.5),” wantinya.

Terakhir tinggal dirakit lagi dengan membalik langkah saat proses membuka. Menurut Pa’e proses ini dapat diselesaik­an dalam tempo 30 menit sampai satu jam saja. Mudah bukan? Tapi kalau enggak mau ribet, siapkan saja selembar uang warna merah, tinggal duduk dan beres! • Rangga

Berniat agar tampilan lebih sporti, memotong sepatbor tentu membawa dampak negatif kotoran akan terbang lebih tinggi, apalagi di saat musim hujan seperti yang masih terjadi saat ini. Tentunya membawa efek merugikan pengendara lain di belakangny­a maupun pembonceng, karena punggung jadi kotor. Jadi saat musim hujan sebaiknya pakai sepatbor standar dahulu.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia