Otomotif

SUKSES TAKLUKKAN TANJAKAN DIENG

-

Lewat event turing yang berlangsun­g selama tiga hari, Komunitas toyota Calya indonesia (Ktci) sukses menyelesai­kan misi menaklukka­n tanjakan pengununga­n Dieng, wonosobo, Jateng (9-11/3).

turing dimulai dari dealer toyota astrido, Kranji Bekasi pada pukul 13.00. selama perjalanan, peserta secara langsung menguji performa toyota Calya, terutama saat melewati tanjakan terjal.

terbukti, seluruh kendaraan peserta turing mampu menaklukka­n tanjakan Dieng. Berikut catatannya.

Pertama, untuk manuver di tikungan, rasio putaran kemudi cukup lebar. Namun handling tetap nyaman serta body impact atau bantingan terasa stabil.

Kedua, sistem pengereman varian non abs masih masuk kategori standar dan aman saat mengerem mendadak. sementara untuk varian abs, sangat responsif cenderung stabil saat rem mendadak. Kesimpulan­nya, toleransi pengereman Calya sangat jauh dari kemungkina­n terjadinya blocking.

Ketiga dan yang paling ditunggu adalah saat Calya yang bermesin 1.200

istimewa

cc dipakai melibas tanjakan terjal. ternyata, tanjakan bersudut 30-40 derajat masih bisa dilalui dengan posisi gigi dua. malah kalau ada awalan sebelumnya bisa di gigi 3, baik varian manual maupun otomatis.

selain untuk menguji keandalan toyota Calya, Ktci juga melakukan kegiatan positif seperti bersih-bersih tempat wisata di Candi arjuna, serta menyerahka­n bantuan alat-alat kebersihan berupa tempat sampah, sapu dan lain-lain.

“setelah Dieng, kita berencana melakukan perjalanan serupa ke daerah Jatim dan Bali. Untuk agendanya sendiri masih disiapkan,” ujar sapto Prayitno selaku Ketua Umum Ktci. • RSP

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia