Otomotif

TAK PERLU PUNYA, CUKUP SEWA SAJA

Rental Supercar

-

Sering lihat mobil-mobil mewah seliweran di jalan raya? Jangan anggap yang naik itu sebagai pemiliknya. Tapi yang jelas, yang naik pasti punya yang berlebih. Karena saat ini untuk naik mobil mewah, bahkan supercar atau sportcar sekalipun tak perlu sampai punya, bisa sewa saja.

AREA DIBATASI

Bagi yang ingin tampil gaya dan gengsi, opsi sewa kendaraan mewah ini bisa dilakoni. Bahkan tren sewa mobil ini sudah menyentuh kalangan artis, public figure dan lainnya. Biasanya untuk syuting, meeting atau sekedar gengsi.

Salah satu yang menyediaka­n yakni Sembodo Rentcar di kawasan Mampang, Jaksel. Berbagai grade mobil disiapkan oleh perusahaan rental tersebut. “Kami menyediaka­n apapun merek mobil yang akan disewa dan berapapun jumlahnya. Bahkan sampai ke supercar,” ujar Bambang H Winarto, dari bagian pemasaran sekaligus penanggung jawab Sembodo Rentcar.

Ia menambahka­n, mobil favorit supercar yang sering disewa adalah Rolls-royce, dengan harga sewa perhari mencapai sekitar Rp 50 juta. Selain kendaraan mewah tersebut, ada pula sportcar seperti Lamborghin­i, Porsche, Ferrari dan lainnya yang bisa disewa.

Namun, untuk menyewa jelas tidak semudah menyewa untuk rental mobil biasa. Bambang menjelaska­n, terdapat berbagai aturan jika ingin mengajukan sewa. Yaitu, pemilihan rute yang jelas, fix rundown (kegiatan) yang dilakukan

Foto: ISTIMEWA

selama masa sewa, hingga titik daerah terjauh penyewaan. Pembagian daerah Jabodetabe­k dibatasi hanya sejauh Karawang, Cikupa dan Ciawi.

Aturan lain yang perlu digarisbaw­ahi adalah penyewa tidak bisa nyupir sendiri. Alias, bukan sistem ‘lepas kunci’. Ini berkait dengan ‘spesial’nya mobil tersebut. Semua biaya penyewaan termasuk operasiona­l bahan bakar, tol, dan biaya sopir. Sementara untuk pihak sopir ditentukan oleh pemilik mobil atau perusahaan rental supercar.

“Sebenarnya, kami bermitra kepada pemiliknya. Jadi semua ketentuan penyewaan berasal dari pemilik. Kami hanya membantu memfasilit­asi sewa bagi yang membutuhka­n dan pemilik,” tambah pria yang sudah memulai bisnis rental sejak 2013 silam.

Selain penyewaan pribadi, Bambang mengatakan terdapat berbagai perusahaan menyewa dalam jumlah yang cukup besar. Biasanya penyewaan dalam jangka waktu yang panjang. Selain karena budget anggaran yang efisien, penyewa perusahaan tidak perlu sulit merawat mobil karena biaya service dan perawatan sudah tercover dalam biaya sewa.

Saat ditanya soal keuntungan, Bambang menjelaska­n dalam sebulan perusahaan dapat pemasukan omzet hingga milyaran rupiah.

Selain Sembodo Rentcar, pengusaha rental di Bali juga menyediaka­n jasa yang sama. Ahmad Toha sang pengusaha mengaku kalau konsumenny­a banyak pelancong dari luar Indonesia.

“Enggak banyak sih kriteria tujuan yang sewa supercar. Biasanya untuk pernikahan ( wedding) atau juga buat kebutuhan syuting. Ada juga beberapa dari kalangan ekspatriat atau artis,” ujar Toha, saat dihubungi lewat sambungan telepon.

Ia menambahka­n, bisnis rental supercar adalah bisnis gengsi, dimana era milineal ini kebutuhan dan budaya hidup semakin berkembang. “Siapapun bisa bawa (rental) supercar, asal dengan ketentuan yang diikuti. Tentu biaya tidak murah,” jelas Toha. Hmm... Jadi untuk bisa naik supercar sportcar tak perlu punya. Cukup

Bagi para keluarga muda yang memiliki anak di bawah usia satu tahun, disarankan untuk menempatka­n infant carseat pada kursi baris kedua. Selain itu juga, posisikan anak membelakan­gi arah gerak mobil supaya terhindar cedera serius.

“Karena untuk anak usia di bawah satu tahun masih sangat lunak tulangnya. Jadi kalau dihadapkan ke depan dikhawatir­kan, ketika

istimewa

terjadi pengereman mendadak beresiko tulangnya patah akibat tertahan safety belt,” jelas Dr. Engkie Achmad Djauharie, Sp. A, spesialis anak dari Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSAB) Harapan Kita, Jakbar.

Namun, ia memperbole­hkan posisi duduk menghadap depan jika usia anak sudah mencapai lebih dari tiga tahun. “Karena di umur segitu, tulang-tulangnya sudah lebih kuat menyangga,” imbuh Dr. Engkie sapaan akrabnya.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia