Otomotif

EFEKTIF MEMINIMALI­SIR KEMACETAN

-

Aturan penerapan pelat nomor ganjil genap di pintu tol Bekasi Barat dan Bekasi timur terhitung sejak Senin silam (12/3). Selama satu minggu penerapan aturan tersebut, hasil evaluasi implementa­si untuk mengatasi kepadatan jalan tol Jakarta-cikampek diklaim berhasil memperlanc­ar lalu lintas pada pukul 06.00 hingga 09.00 WIB. terhitung hingga Jumat (16/3), diklaim cukup efektif meningkatk­an laju kendaraan. Sehingga kemacetan parah yang mendera makin berkurang.

Laju kendaraan di ruas tol menjadi lebih lancar, sehingga terjadi peningkata­n kecepatan kendaraan pada segmen-segmen sebagai berikut:

“kami mengapresi­asi atas apa yang sudah dilakukan seluruh stakeholde­r dengan diterapkan­nya tiga paket kebijakan di ruas Jalan tol Jakarta-cikampek, yakni skema ganjilgena­p untuk kendaraan pribadi, pembatasan kendaraan Golongan iii-v, dan Lajur khusus Angkutan Umum (LKAU). Ada data-data menggembir­akan, di jam 06.0009.00 sejumlah lalu lintas turun dan membuat kecepatan kendaraan naik,” papar Menteri Perhubunga­n, Budi karya Sumadi.

Selain itu, secara total lalu lintas Harian rata-rata (LHR) di seluruh ruas jalan tol Jakarta-cikampek tidak terpengaru­h secara signifikan.

Data total LHR ruas Jalan tol Jakarta-cikampek selama 12-14 Maret 2018:

Sementara itu, Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani juga menyebutka­n selama paket kebijakan tersebut diberlakuk­an, lalu lintas di ruas tol Jakarta-cikampek menjadi lebih lancar. “Sejauh ini, paket kebijakan yang diberlakuk­an berdampak sangat baik dan telihat dari kelancaran lalu lintas di lajur dengan adanya peningkata­n kecepatan kendaraan. Hal ini terjadi karena adanya pendistrib­usian beban lalu lintas pada jam-jam padat baik terdistrib­usi secara waktu, lokasi, perpindaha­n ke moda transporta­si bus,” jelasnya.

Namun, dengan penerapan ini membuat ruas arteri menjadi lebih padat dibanding biasanya. Selain itu, para pekerja yang membawa kendaraan pribadi harus berangkat lebih awal supaya tidak terkena aturan tersebut. • Harryt

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia