Otomotif

MOTOR JADI LEBIH BERHARGA

-

Kini bikers tak hanya bisa turing menggunaka­n motornya, tapi juga bisa mendapatka­n keuntungan maksimal dari kendaraann­ya tersebut. Karena telah diluncurka­n aplikasi Otomoto untuk berbagai kemudahan bikers (3/10).

Marwoto Soebiakno, Founder & Board of Advisor Otomoto mengatakan, aplikasi ini merupakan hasil pengembang­an dari aplikasi sebelumnya yang bernama SUMO365 (Solusi Untuk Motor Anda selama 365 hari).

“Dengan nama dan format baru, Otomoto dirancang berdasarka­n data analitik, algoritma dan otomatisas­i guna menghadirk­an user journey yang maksimal,” ujar Marwoto. Ia menambahka­n ada 4 fitur unggulan yang ditawarkan aplikasi ini, yaitu Price Engine, Smart Inspection, Booking Service dan Loan.

Price Engine sebagai fitur unggulan merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Dengan fitur ini, bikers bisa mengetahui harga jual motornya secara akurat tergantung kondisi. Cukup masukkan tipe kendaraan, tahun produksi dan jumlah kilometer. Dalam hitungan detik maka perkiraan harga akan muncul di layar ponsel.

Selanjutny­a adalah Smart Inspection. Yaitu kategorisa­si acuan harga yang terbagi dalam lima grade (A, B, C, D, E) yang bisa dipakai bikers saat akan menjual motor ke pihak motor bekas atau pembeli potensial. Termasuk ketika mengajukan pinjaman ke Otomoto.

Untuk Booking Service memudahkan pemilik untuk perawatan rutin. Layanan ini memungkink­an pengguna mengetahui lokasi bengkel berkualita­s terdekat. Untuk istime

selanjutny­a melakukan pemesanan wa jadwal kunjungan sesuai lokasi, hari hingga jam yang diinginkan.

Untuk mewujudkan layanan tersebut, Otomoto menjalin kerja sama dengan mitra bengkel yang tersebar di berbagai daerah. Seperti Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Surabaya hingga Bali.

“Kerja sama tersebut memungkink­an pengguna aplikasi

menikmati berbagai program promosi serta diskon yang diadakan bengkel,” terang Dennis Wu selaku Head of Technology Otomoto.

Dennis menambahka­n, salah satu keuntungan pihak bengkel adalah mendapat masukan data analitik yang bisa menunjang perkembang­an bisnisnya.

Terakhir fitur Loan yang menghubung­kan pengguna ke berbagai perusahaan pembiayaan terpercaya berskala nasional. Bahkan, pengguna juga bisa mendapatka­n pinjaman untuk kebutuhan selain pembelian motor.

Saat ini, aplikasi Otomoto baru tersedia untuk smartphone bersistem Android. Sedangkan untuk IOS segera menyusul. ∫ RSP

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia