Otomotif

PENYAKIT KHAS

-

Salah satu yang cukup dikeluhkan adalah panas berlebih pada motor sport ini, padahal mesin 250 cc 2 silinderny­a sudah dibekali pendingina­n cairan. “Bisa overheat karena saluran sistem pendingina­n gak lancar, bisa karena salurannya mampet atau coolant berkurang,” tambah Ghofur.

Memang letak tangki reservoir CBR250RR yang bersembuny­i di balik fairing ini kadang diabaikan, padahal efeknya cukup fatal jika coolant kurang dan perhatikan jadwal penggantia­nnya, “Ganti coolant paling tidak 1 tahun sekali,” sarannya.

Selain itu memang extra fan yang membuat hawa panas dari radiator ini membuang panasnya ke bagian kaki pengendara, “Makanya panas terasa di bagian kaki, apalagi pengendara yang pakai celana tipis pasti kerasa banget semburan panasnya,” urai pria ramah ini.

Masalah panas berlebih ini juga diiyakan oleh Sandy Handoyo Tanujoyo member dari CBR Owner Tangerang (CROW), “Masalahnya emang overheat aja, selebihnya gak ada sih. Kalau macet parah udah pasti panas mesin naik,” sebutnya.

Ada sedikit solusi untuk mengatasi panas mesin yang berlebih ini, “Pakai coolant Engine Ice dan ganti oli yang lebih encer seperti 10W-40 atau 10W-30 lumayan membantu, jadi gak cepat overheat,” tambah Sandy.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia