Otomotif

FIRST RIDE SIZUKI GSX150

Suzuki GSX150 Bandit

-

Diperkenal­kan pertama kali di GIIAS 2018, tapi baru Jumat (5/10) kemarin Suzuki GSX150 Bandit resmi dipasarkan dan diumumkan banderolny­a. “Harganya Rp 26 juta OTR Jakarta,” terang Banggas Frederick Pardede, Marketing 2W Section Head PT Suzuki Indomobil Sales.

Di acara yang berlangsun­g di kawasan wisata Ancol, Jakarta Utara itu, juga diadakan sesi tes. Bagaimana impresi pertama mengendara­inya?

Oiya sebelum dibahas impresinya, sedikit kilas balik GSX150 Bandit ini basisnya dari GSX-R/S150. Beda utama di rangka belakang, bodi dan joknya. Tentu bentuk shroud, lampu utama dan rem juga beda, kedua lampu ini persis Satria F150 cuma sein dibikin terpisah.

Begitu nyemplak ke joknya, rasa yang langsung beda adalah pantat lebih terakomoda­si karena sisi belakangny­a lebih lebar dan busanya lebih empuk. Sementara sisi depan tetap sama, karena ujung jok dan tangkinya tetap ramping banget, jadi kaki tak perlu mengangkan­g. Efeknya kedua kaki bisa menapak sempurna ke aspal saat berhenti.

Posisi duduk ketika riding pun sama dengan GSX-S150, posisi setang cukup nyaman karena agak tinggi, kendati lengan tetap dipaksa lurus. Sedang kaki tetap gaya sporti, agak nangkring khas keluarga GSX.

Lalu paling beda adalah ketika coba jadi pembonceng, naiknya jadi mudah karena model joknya menyatu dan tak setinggi GSX-S/ R150. Duduknya juga lebih nyaman, tak terlalu nungging dan joknya lebar

Lampu utama dan rem mirip banget Satria F150 ya?

Setang cukup tinggi, posisi duduk tak terlalu nunduk juga empuk. Tentunya bikin nyaman.

Bagaimana dengan mesinnya? Tentu juga persis GSX-S/R150 karena memang sama saja, karakterny­a khas mesin overbore. Pada putaran bawah sangat smooth, gas dientak pun naiknya putaran mesin akan perlahan, setelah takometer menyentuh angka 7.000 rpm baru ngacir dan dorongan tenaga terasa kuat.

Karakter suspensi juga persis, tergolong empuk jadi nyaman ketika dipakai menerabas jalan bumpy. Tapi tetap masih cukup stabil saat dipakai rebah di tikungan, handlingny­a ringan dan nurut banget diarahkan.

Bagaimana dengan akselerasi, top speed dan konsumnsi bensinnya? Tunggu sesi tesnya, karena 2 pekan mendatang OTOMOTIF akan ikut tes dalam turing Surabaya-bandung pakai motor yang punya tagline “Teman Satu Tujuan” ini. • Aant

 ??  ??
 ??  ?? PERBEDAAN UTAMA foto: rizkyJOK YANG MENYATU, LEBAR DAN EMPUK MEMBERI
PERBEDAAN UTAMA foto: rizkyJOK YANG MENYATU, LEBAR DAN EMPUK MEMBERI
 ??  ?? Remnya empuk dan pakem bro!
Remnya empuk dan pakem bro!
 ??  ??
 ??  ?? Fitur persis GSX-S150, seperti spidometer digital dan shuttered key system
Fitur persis GSX-S150, seperti spidometer digital dan shuttered key system
 ??  ?? Joknya menyatu, lebar dan empuk yang bikin nyaman
Joknya menyatu, lebar dan empuk yang bikin nyaman
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia