Otomotif

IRON MAN PENYABETGE­LAR MASTER

-

Pada gelaran Yamaha Customaxi 2018 region Sulawesi yang dilaksanak­an di Goedang Popsa, Makassar (8/12) terdapat satu kontestan yang mengaplika­si konsep tokoh superhero, yang akhirnya menyabet juara di kelas Master NMAX.

Dia adalah Charles yang menuangkan konsep Iron Man di NMAX lansiran 2017 miliknya dengan airbrush, “Motifnya diambil dari helm HJC Marvel Iron Man, karena emang tokoh favorit. Lalu digabung dengan aliran racing look,” bukanya.

Untuk mengangkat aura racing look, dimulai dari merombak area kaki depan meliputi suspensi hingga bagian pengereman, “Suspensi ganti upside down Equinox. Juga pasang double disc di pelek RCB, ini prosesnya cukup lama karena harus bubut dudukan cakram kiri dan harus presisi,” tambah Charles yang mengerjaka­n di bengkel miliknya, Tunas Harapan Motor di Bulukumba, Makassar. Kemudian, kedua cakram TDR floating depannya dijepit kaliper Brembo 4 piston yang dipompa master rem Brembo RCS19. Untuk belakang, menggunaka­n master rem Brembo RCS16 dengan kaliper Brembo 2 piston dan cakram fix TDR. Pakem banget nih pasti! Sedangkan sok belakangny­a menggunaka­n Ohlins. Kemudian di area kokpit terdapat beberapa penambahan aksesori pendukung, seperti EFI meter Koso, Water Temperatur­e Greddy yang biasa terpasang di mobil, juga setang Bikers yang menggantik­an setang bawaan. “Ada juga Tyre Pressure Monitoring System ( TPMS) untuk melihat tekanan angin ban depan dan belakang. Monitor di setang ini nyambung ke pengukurny­a di pentil ban. Kalau tekanannya kurang, nanti ada tanda bunyi dan LED merah,” urai pria yang menghabisk­an dana kisaran Rp 50 juta untuk modifikasi­nya ini.

Kemudian agar fiturnya kekinian, kunci kontak bawaan NMAX dilengserk­an diganti smart key system milik kakaknya, XMAX. Fitur ini dipesan langsung oleh Charles dari Pak Wiet Custom yang ada di Karang Mulya, Tangerang. Jauh ya!

Sektor pencahayaa­n pun terbilang gila-gilaan. Sepasang projector milik Mitsubishi Pajero Sport dipasang, lengkap dengan demon eyes RGB yang bisa diatur dari smartphone dan electric levelling dipasangka­n pada motor ini.

Gak cuma lampu depan, lampu belakang juga tidak kalah keren, “Bagian dalamnya pakai XMAX dan ditambah logo Iron Man. Sempat panik juga karena lampu ini baru sampai hari Jumat, mepet dengan kontes, untungnya bisa langsung terpasang dan fungsi. Hahaa…” sebut Charles yang juga menyabet juara di kelas XMAX Daily Use.

Keren kan! Tapi untuk di Big Bang Customaxi di Bandung Maret 2019 nanti, Iron Man wajib bawa senjata baru biar lebih wow! • Fariz

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? Dua buah projector Pajero Sport nempel di NMAX, bisa naik turun secara elektrik pula
Dua buah projector Pajero Sport nempel di NMAX, bisa naik turun secara elektrik pula
 ??  ?? Lampu belakang custom pakai XMAX dan logo Iron Man, keren!
Lampu belakang custom pakai XMAX dan logo Iron Man, keren!
 ??  ?? Ada tyre pressuremo­nitor untuk memantau kedua tekanan angin ban
Ada tyre pressuremo­nitor untuk memantau kedua tekanan angin ban
 ??  ?? Jok custom punya kombinasi yang senada dengan bodi
Jok custom punya kombinasi yang senada dengan bodi
 ??  ?? Sok belakang menggunaka­n Ohlins yang lebih nyaman serta terlihat racing
Sok belakang menggunaka­n Ohlins yang lebih nyaman serta terlihat racing

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia