Otomotif

PAKAI PUNYA TETANGGA

Substitusi Sokbreker Belakang New Kawasaki Ninja 250

-

Setelah sebelumnya upgrade sokbreker depan New Kawasaki Ninja 250 dengan memasang preload adjuster B Pro ( OTOMOTIF edisi 31:XXVIII), kali ini giliran suspensi belakang yang kena upgrade, dengan memasang sokbreker Ohlins. Yang menarik, sok Ohlins yang dipasang bukan asli buat Ninja, melainkan buat pabrikan sebelah, yaitu untuk Honda CBR250RR. Kenapa? “Karena stok dari Ohlins untuk Ninja lagi susah, jadi ini solusinya sebagai alternatif,” ujar Trisno Tan dari Digito yang beralamat di Jl. Raya Pos Pengumben, Kebon Jeruk, Jakbar.

Trisno menambahka­n, sok CBR250RR unitnya cukup banyak dan spesifikas­inya sama, sehingga dapat diaplikasi­kan ke Ninja 250. Meski begitu, Ohlins milik CBR250RR memiliki perbedaan pada dudukan bagian bawahnya (Gbr.1), sehingga link standar milik Ninja 250 harus diganti (Gbr.2).

Tak perlu khawatir karena Digioto sudah membuat link bagian bawahnya juga, terbuat dari besi dengan ukuran yang sudah presisi baik ke sok Ohlins CBR250RR maupun ke link Ninja 250 (Gbr.3).

Untuk pemasangan, siapkan kunci 14 dan 17 baik ring maupun sok. Kemudian buka link bawah terlebih dahulu, ada empat baut, buka tiga baut di bawah dengan kunci 14 (Gbr.4) dan satu di bagian atas pakai kunci 17. Oiya jangan lupa ganjal terlebih dahulu motornya agar tidak roboh (Gbr.5).

Selanjutny­a buka dudukan sok atas dengan kunci 14 (Gbr.6). Kemudian tinggal copot sokbreker standar Ninja. Pasang sok Ohlins CBR250RR pada bagian atas terlebih dahulu (Gbr.7). Setelah bautnya dikencangk­an, giliran bagian bawah yang dipasang. Prosesnya sama dengan langkah membuka, tapi jangan lupa link bawahnya diganti dengan yang baru.

Mengenai harga, sok Ohlins milik CBR250RR berserta link dibanderol Rp 9,5 juta termasuk pasang. Sebagai info, sok Ohlins khusus ninja dibanderol Rp 9,25 juta.

Nah, sekarang tinggal pilih, mau sedikit mahal tapi stoknya ada atau lebih murah tapi harus menunggu. • Rangga

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia