Otomotif

Carbon Water Painting

-

Nah, satu lagi ada Carbon Water Painting. Metode ini layaknya water printing standar, hanya saja motifnya karbon. Proses pengerjaan­nya relatif lebih mudah dari lapis karbon. Untuk menengok proses pengerjaan­ya, kami menyambang­i workshop Motopits yang terletak di Jl. Cideng Timur NO.1C, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat.

Pertama-tama siapkan media yang ingin dilapis, misalnya cover spidometer. Selanjutny­a siapkan lapisan karbon printingny­a, harga ukuran 1 m x 50 cm sekitar Rp 75 ribu saja. Sesuaikan dengan ukuran komponen, dengan jarak minimal 5 cm dari masing-masing sisi, lebih lebar lebih baik ( Gbr.1).

Siapkan juga aktivatorn­ya, di pasaran ada beberapa merek, salah satunya Samurai dan Diton dengan harga Rp 75 ribu dan Rp 60 ribu ( Gbr.2). “Aktivator ini semacam ‘lem’ yang berguna untuk menempelka­n motif karbon ke media atau bodi,” ujar Dimas, mekanik Motopits.

Kemudian isi bak dengan air hingga penuh, usahakan pakai bak yang cukup dalam agar manuvernya mudah. Lalu letakkan lapisan printing di air. Pastikan bagian yang ‘berminyak’ posisinya di air jangan sampai terbalik. Jangan ada gelembung udara yang terjebak di bawahnya ( Gbr.3).

Selanjutny­a semprotkan aktivator hingga merata pada permukaan printing ( Gbr.4). Setelah itu langsung saja celupkan komponen yang ingin dilapis ke dalam air. Angkat dari air setelah materi printing menempel rata ( Gbr.5). Setelah menempel bersihkan sisasisa yang masih ada, begitu pula dengan gelembung udara yang masih terjebak.

Kemudian bersihkan lapisan semacam lendir yang menempel, bisa di bawah air keran yang mengalir atau digosok perlahan dengan spons. Setelah bersih keringkan dan diberi pernis agar lebih awet dan tahan lama.

“Warna karbonnya mengikuti warna materi yang dilapis awet, jadi kalau misalnya medianya berwarna merah, hasilnya akan kemerahan,” lanjut Dimas. Carbon water printing cenderung awet dan tidak masalah dengan cuaca, tapi tergantung pernis yang digunakan. Harganya berkisar dari Rp 150 ribu untuk part kecil seperti cover spido dan Rp 300 ribu untuk part besar seperti bak kopling.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia