Otomotif

Knowledge Lapis Karbon

LEBIH HEMAT DIBANDING BIKIN BODY DENGAN SERAT KARBON ASLI

-

Melapis part motor dengan karbon atau motif karbon dapat menjadi alternatif yang bisa dipilih untuk mendapatka­n penampilan sporty secara instan. Biaya yang dikeluarka­n jauh lebih murah bila dibandingk­an dengan pakai body serat karbon murni. Tampilan karbon ini dapat diperoleh dengan metode lapis karbon dan carbon water printing.

Sesuai namanya, pada lapis karbon komponen yang dikehendak­i dilapis dengan serat karbon sungguhan. Salah satu yang menawarkan metode ini yakni Layz Motor (LM). Berbeda dengan pure carbon atau karbon asli karena basis komponen yang dilapis masih berupa fiber atau plastik, sehingga kekuatan serta bobotnya sama saja dengan komponen aslinya.

Proses Pelapisan

Proses pengerjaan­nya seperti yang dituturkan oleh Steven Lay owner LM, pertama-tama materi yang ingin dilapis dibuat lebih kasar terlebih dahulu menggunaka­n amplas.

Selanjutny­a diberi resin untuk melekatkan serat karbonnya. Setelah itu langsung dilapis dengan karbon satu per satu. Yang terakhir, lapisan karbon diberi coating dengan resin agar kuat. Finishing lapis karbon bisa berupa glossy maupun doff. Sedangkan perawatann­ya sama saja dengan cat jadi dapat dipoles.

Biaya

Anda juga bisa bawa part sendiri untuk dilapis seperti sepatbor atau fairing. “Harganya tergantung tingkat kesulitan, seperti lekukan dan lubang jadi tak tergantung ukuran,” ujar Steven yang buka workshop di Jl. Panjang Arteri Kelapa Dua Raya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Biayanya ada pada kisaran Rp 600 ribuan, dan proses pengerjaan sekitar seminggu, tetapi kalau sedang banyak antrian bisa sampai dua minggu. Layz Motor juga sudah menyediaka­n produk yang sudah dilapis karbon seperti sepatbor, hugger, single seat cover, serta proguard dengan merek Kabon. Produk lansiran Layz Motor ini ditawarkan dengan harga Rp 800-900 ribu. • Rangga

 ??  ??
 ?? FOTO: RANGGA ??
FOTO: RANGGA
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia