Otomotif

Pilih New Honda HR-V Special Edition atau CR-V Prestige Bekas?

-

Halo OTOMOTIF, saya berencana menganti mobil. Tapi sedikit ragu dan bingung memilih antara New Honda HRV tipe E Special Edition baru atau Honda CR-V 2.4 Prestige Facelift tahun 2016 bekas. Mohon saran dan petunjukny­a ? Terima kasih sebelumnya. Salam.

Bryan Valino – Pekanbaru, Riau

Wah, mas Bryan pasti pencinta Honda nih. Mantap! Sebelum kami kasih saran, sebagai informasi kedua SUV Honda itu jelas berbeda. Terutama di sektor mesin, HR-V menggunaka­n mesin berkapasit­as 1.500 cc sementara CR-V tahun 2016 mengusung dapur pacu berkapasit­as 2.400 cc. Sudah tentu tenaga, torsi dan konsumsi bahan bakarnya pun berbeda tuh.

Lalu kalau ngomongin dimensi, keduanya pun berbeda. CR-V jelas lebih besar (panjang , lebar maupun tinggi) dibanding HR-V. Wheelbase-nya pun terpaut sekitar 50 mm lebih panjang CR-V.

Nah, kalau fitur so so lah. Keduanya memiliki fitur cukup lengkap di kelas SUV low maupun medium. New HR-V 1.5L E CVT Special Edition yang diluncurka­n oleh Honda Indonesia tahun ini mempunyai fitur dan kelengkapa­n yang sama dengan HR-V tipe tertinggin­ya (HR-V 1.8L). Namun harganya disetting lebih terjangkau, yakni Rp 329,5 juta atau hanya beda Rp 16,5 juta dari HR-V 1.8L Prestige.

Sedangkan kalau mengecek harga pasaran bekas atau seken Honda CR-V 2.4L Prestige Facelift tahun 2016 berada di kisaran Rp 350-370 jutaan, tergantung kondisi. Khusus untuk keluaran tahun tersebut, ada CR-V 2.4L Prestige yang dibekali sistem audio Fender. Saat launching pada Januari 2016, CR-V 2.4L Prestige Fender Audio dilepas seharga Rp 492,5 juta (OTR Jakarta).

Nah kalau melihat harga HR-V baru di atas versus CR-V bekas tersebut jelas harga CR-V seken itu masih lebih tinggi. Dan itu dalam kondisi bekas dengan usia sudah 2 tahun lebih. Sehingga Anda harus memikirkan pula biaya perbaikan jika telah timbul kerusakan atau sekadar perawatan. Sedangkan kalau beli mobil baru sudah pasti mendapatka­n garansi dan bebas biaya perawatan.

Kalau pun suka dengan CR-V, kenapa enggak ambil yang baru saja? Mumpung masih ada diskon Rp 15 jutaan di akhir tahun ini loh. Mesinnya pun ada 2 pilihan; 2.000 cc dan 1.500 cc turbo. Semoga bisa jadi pertimbang­an.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia