Otomotif

NEW WRANGLER JL MELAR?

-

Kemunculan Jeep Gladiator ini, langsung jadi pusat perhatian dalam ajang Los Angeles Auto Show 2018 tersebut. O iya, ini bukan Scrambler ya, melainkan Gladiator.

Pikap empat pintu ini memang terlihat mirip sekali dengan New Wrangler JL. Terlihat mulai dari desain bumper depan hingga windshield (kaca depan) yang bisa dilipat. Beberapa bagian bodi terbuat dari bahan alumunium yang enteng untuk mengurangi bobot secara keseluruha­n.

Disebut pikap yang punya karakter unik, lantaran selain bermuka New Wrangler JL, dengan dua baris jok dan empat pintu, beberapa bagian panel bodinya bisa dilepas. Dan ketika beberapa panel seperti atap dan pintu dilepas, makin terlihat nakal dan seksi.

Ada tiga varian yang ditawarkan, Sport, Overland dan Rubicon. Rubicon adalah model tertinggin­ya, yang dilengkapi headlamp, foglamp serta Daytime Running Light (DRL) berteknolo­gi LED.

Mesinnya menggunaka­n tipe 3.6 liter Pentastar V6, yang hasilkan

tenaga hingga 285 dk serta torsi 352 Nm, dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis 8-percepatan, berpengger­ak empat roda untuk semua varian.

Gosipnya nanti di 2020 akan ada varian mesin diesel 3.0 liter turbocharg­ed, yang mampu muntahkan tenaga 260 dk serta torsi buas 599 Nm. Rencananya model ini hanya akan

ditawarkan menggunaka­n transmisi otomatis 8-percepatan.

Jeep Gladiator ini dibekali sejumlah teknologi pendukung off-road, seperti Command-trac 4x4 System (varian Sport dan Overland), Rock-trac 4x4 System (varian Rubicon) serta gardan Dana 4x4 yang dipasangka­n di roda depan maupun belakang untuk semua model. Sedangkan Rubicon ditambahi Electronic Locking Differenti­al dan electronic front sway bar.

Karena dirancang sebagai pikap pekerja, kemampuan menarik beban ( towing capacity) mencapai 3.456 kg, dengan daya angkut maksimal 748 kg.

Untuk menarik beban tersebut maka perubahan dimensi serta peningkata­n performa sistem pendingina­n pun dilakukan. Jarak sumbu rodanya lebih panjang 50 cm dan beratnya selisih sekitar 181 kg lebih berat dari Wrangler.

INTERIOR

Mengintip isi kabinnya, desainnya dasbor mirip New Wrangler JL yang baru diluncurka­n di Indonesia.. Tombol start yang waterpoof, dilengkapi juga fitur opsional seperti pemanas lingkar setir dan pemanas jok depan.

Setiap model, dilengkapi monitor layar sentuh, namun ukurannya tidak besar, hanya 7 dan 8,4 ini, yang bisa terkoneksi dengan Apple Carplay dan Android Auto. Jeep klaim kalau jarak sumbu roda yang memanjang menambah lega ruang kaki baris belakang.

Fitur keselamata­n juga ikut ditambahka­n seperti adaptive cruise control, rear cross-traffic alert dan juga blind-spot monitor. Jeep klaim memasangka­n sekitar 80 fitur keselamata­n aktif dan pasif.

Apakah spesies ini akan dijual di Indonesia? Kita tunggu saja! •

 ?? FOTO: DOK. OTOMOTIF ?? Dapur pacu Pesntar V6 berkapasit­as 3.600 cc, mampu hasilkan tenaga 285 dk dan torsi 352 Nm Ruang kaki baris kedua dibikin lega
FOTO: DOK. OTOMOTIF Dapur pacu Pesntar V6 berkapasit­as 3.600 cc, mampu hasilkan tenaga 285 dk dan torsi 352 Nm Ruang kaki baris kedua dibikin lega
 ??  ?? Suzuki Jimny SJ410 1983
Suzuki Jimny SJ410 1983

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia