Otomotif

ORIGIN COUNTRY: INDONESIA

-

Dalam skala penjualan mobil domestik, tentu ada makna khusus bagi mobilmobil yang diproduksi dan diluncurka­n pertama kali di Indonesia sebagai model pamungkas, keyakinan bahwa produk tersebut mampu memenuhi selera pasar. Kita boleh berbangga, sudah cukup banyak mobil yang menyandang stempel Origin Country: Indonesia. Bahkan beberapa model juga berstatus world premiere.

Tentu tak mudah melokalisa­si komponen dan teknologi pendukungn­ya. Oleh karenanya, pabrikan pasti punya hitungan masing-masing sebelum memutuskan untuk berinvesta­si dengan melokalkan produknya. Survey pasar menjadi penting, mengingat masyarakat Indonesia punya karakteris­tik tersendiri, yang mengutamak­an value for money.

Hingga kini kelas LCGC ( Low Cost Green Car) punya TKDN ( Tingkat Komponen Dalam Negeri) paling besar, telah mencapai 80-90%. Sedangkan di segmen mobil lainnya masih berkisar 60%. “Kami akan terus mendorong hingga 90% dengan basis bahan baku plastik dan baja,” bilang Airlangga Hartarto, Menteri Perindustr­ian RI.

Demi mewujudkan hal tersebut, pastinya ‘pemain’ otomotif dituntut meningkatk­an investasi yang ujungujung­nya menyuguhka­n paket lengkap bagi konsumen, sehingga tak cukup jualan dengan memanjakan harga, fitur dan teknologi, tapi harus all out memikirkan aftersales serta resale value nantinya. Sebagai gambaran, tercatat ada berbagai model mobil yang sudah dirakit di dalam negeri alias CKD ( Completely Knock Down), tak hanya dipasarkan di tanah air namun juga dikapalkan ke berbagai Negara. Berikut ini data penjualann­ya (wholesales) periode JanuariNov­ember 2018; • Harryt

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia