Otomotif

TARIKANNYA SERASA MOBIL BARU?

Engine Cleaner System Blue Chem

-

Di pertangaha­n 2018 lalu, OTOMOTIF telah menguji khasiat pemakaian engine cleaner system salah satu produk bikinan Amerika, yakni BG Product. Terdiri dari cairan engine flush, intake cleaner, pembersih O2 Sensor dan catalytic converter yang dicampur ke dalam tangki bensin, serta oil treatment. Kala itu hasilnya terbukti mampu memperbaik­i tekanan kompresi pada mesin Suzuki Ertiga GX A/T keluaran 2013.

Nah, kali ini kami akan kembali menguji paket cairan pembersih senada, namun buatan Jerman, yaitu Blue Chem. Untuk intake cleanernya, sebenarnya Blue Chem juga punya produknya. Namun karena harus menggunaka­n alat injek, maka kami memutuskan menggunaka­n throttle body cleaner keluaran Suzuki, lantaran bisa diaplikasi sendiri di rumah tanpa bantuan alat.

Cara pengaplika­sian Blue Chem Oil System Cleaner-nya ( engine flush), dituang ke dalam mesin saat akan melakukan penggantia­n oli. Lalu hidupkan mesin selama 15 menit dengan kondisi idle, dilanjut blayer gas beberapa kali sekitar 2 menitan.

Setelah itu matikan mesin dan diamkan sekitar 5 menit, lalu tap olinya untuk diganti oli baru. Oh iya, disarankan filter oli-nya diganti baru juga ya sebelum memasukkan oli baru! Usai oli baru dituang ke dalam mesin, dilanjut masukkan oil treatment Blue Chem Nano Engine Super Protection.

“Blue Chem Nano Engine Super Protection ini produk baru kami. Fungsingny­a untuk mengurangi friksi pada komponen bergerak di dalam mesin. Sehingga putaran mesin bisa lebih enteng, akselerasi meningkat dan komponen di dalamnya tidak cepat aus,” terang Hendra Tjoe, Direktur PT Triolen Agung Perkasa selaku distributo­r Blue Chem.

Sementara untuk cairan pembersih O2 sensor dan katalis di saluran knalpot yang bernama Oxicat, dituang ke dalam tangki bensin. “Satu botol untuk satu tangki full,” tukas Hendra. Untuk banderol tiap-tiap produk, silahkan lihat tabel. Oke, bagaimana hasilnya?

Lantaran klaim produsenny­a produk ini mampu meningkatk­an performa mesin dan efisiensi bahan bakar, maka metode pengujian kali ini dengan mengukur akselerasi menggunaka­n Racelogic dan konsumsi BBM. Sebagai pembanding, sebelum mengaplika­si semua cairan pembersih tadi, kami ukur terlebih dulu akselerasi dan konsumsi BBM awal.

Hasilnya untuk pemakaian dalam kota, Suzuki Ertiga GX 2013 yang sudah menempuh jarak 92.500 km hanya membukukan 12,1 km/liter, dengan average speed 21,3 km/jam. Nah, setelah mengaplika­si cairancair­an pembersih tadi, pada average speed yang sama, konsumsi Bbm-nya naik jadi 13,4 km/liter atau lebih irit 1,3 km/liter.

Lalu saat pengujian akselerasi, sebelum menggunaka­n cairan pembersih, untuk mencapai kecapatan 100 km/ jam dari kondisi diam, mencatat 15,5 detik. Sedangkan untuk menempuh jarak 402 meter, dibutuhkan waktu 21,1 detik. Nah, setelah menggunaka­n semua cairan pembersih tadi, catatan waktunya berhasil diperbaiki cukup signifikan.

Untuk mencapai kecepatan 0 – 100 km/jam, kami berhasil mencatat waktu tempuh 14,3 detik. Sedangkan jarak 0 – 402 meter hanya ditempuh dalam waktu 19,8 detik, alias berhasil terpangkas sebanyak 1,3 detik. Hasil tersebut mendekati hasil test kami pada New Ertiga GX A/T di 2016 silam, yang mencatat waktu tempuh 19,5 detik untuk jarak 0 – 402 meter. Malah untuk kecepatan 0 – 100 km/jam, masih lebih cepat 0,4 detik, dimana saat itu hanya mencatat 14,7 detik.

tarikannya jadi serasa mobil baru nih!

 ??  ?? Nano Super Protection dicampur ke dalam mesin yang sudah diisi oli baru, kemudian hidupkan mesin selama 15 menit Satu botol cairan pembersih O2 Sensor & Catalytic Coverter, untuk satu tangki full Hasil pengukuran akselerasi menggunaka­n Racelogic Oil Cleaner System atau engine flush dituang ke dalam mesin sebelum penggantia­n oli Sangat disarankan ganti filter oli, sebelum menuang oli baru ke dalam mesin
Nano Super Protection dicampur ke dalam mesin yang sudah diisi oli baru, kemudian hidupkan mesin selama 15 menit Satu botol cairan pembersih O2 Sensor & Catalytic Coverter, untuk satu tangki full Hasil pengukuran akselerasi menggunaka­n Racelogic Oil Cleaner System atau engine flush dituang ke dalam mesin sebelum penggantia­n oli Sangat disarankan ganti filter oli, sebelum menuang oli baru ke dalam mesin
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia