Otomotif

BUMBLEBEE ELEGAN

Jok pasang milik Yamaha XMAX 400 Eropa yang lebih empuk

-

Terinspira­si dari film Transforme­r, Alwin Farouqy merombak All New Honda PCX 150. Tema yang diambil dari karakter autobots Bumblebee. “Karakter Bumblebee kebetulan kegemaran saya,” buka pria yang tinggal di Cempaka Baru, Jakarta Pusat ini.

Urusan ubahannya diserahkan pada ARC Speed Shop di Jl. Tembaga Raya L.41, Harapan Mulia, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pengerjaan dimulai dari pengecatan ulang bodi di R3 Painting, tentu kuning khas Bumblebee, pakai cat Spies Hecker. Sementara beberapa area seperti dek tengah yang aslinya kasar, diberi sentuhan water transfer printing bermotif karbon.

Selanjutny­a PCX Bumblebee ini setangnya diganti model clip- on ( jepit). “Ini agar posisi berkendara lebih nyaman sesuai dengan keinginan Alwin,” beber Kwedy, punggawa ARC Speed Shop. Penggantia­n ini memberi kesan sporty.

Ubahan berlanjut pada headlamp, Alwin mengubah isinya dari LED jadi proyektor mobil yang digarap oleh RIC Lighting. “Untuk meningkatk­an penerangan, penting banget kalau touring melintasi jalan yang minim penerangan,” ungkap Alwin.

Bergeser ke bawah, Kwedy mendongkra­k kemampuan pengereman depan dengan disc brake custom yang dipandu kaliper Brembo 4 piston. Sayangnya, kalau diperhatik­an kampasnya tak menjepit seluruh permukaan piringan tuh.

Biar lebih nyaman, suspensi belakang diganti Ohlins ukuran panjang 313 mm. Sementara peleknya masih aslinya, cuma biar lebih kece sudah dicat krom emas. Terakhir Alwin mengganti knalpot pakai Akrapovic. Bentuk dan bahannya sporty nih!

So, hasil keseluruha­n Bumblebee ini jadi sangat elegan tapi juga ada sentuhan sporty! • Fajrin

Semua orang pasti punya hobi, tidak dibatasi profesi ataupun pekerjaann­ya. Seperti Gunawan, seorang anggota Satlantas Polres Cirebon, Jawa Barat yang hobi turing. “Tujuannya biar pikiran lebih fresh setelah aktifitas yang padat. Walau tidak selalu dilakukan tiap akhir pekan, setidaknya bisa menyalurka­n hobi bareng temanteman kantor,“ungkap Gunawan.

Motor andalannya sebuah Yamaha XMAX keluaran 2017, yang dimodifika­si oleh Gunawan sendiri secara simpel untuk mendukung kepentinga­n saat berkendara ke kantor ataupun ketika turing. Secara garis besar tentu masih mengutamak­an kaidah keselamata­n berlalu-lintas.

Dari sisi tampilan, di beberapa bagian sudut detail skutik berkelir kuning ngejreng stabilo ini terpasang variasi. Paling menonjol adanya panel berbahan karbon kevlar. Tentu biar tampilanny­a makin berkesan mewah.

“Kalau tampilan motornya seperti ini kan, bisa lebih pede ngegasnya saat turingnya. Jadi gak terlalu standar, dan yang pasti akan tampak jelas terlihat ketika siang serta malam. Karena adanya kelir kuning yang sama dengan rompi dinas polisi,“kekeh Gunawan, yang berpangkat Aiptu dan bertugas di bagian Baur STNK Samsat Ciledug ini. Sisi kenyamanan juga diperhatik­an, utamanya dari embusan angin malam dengan mengandalk­an windshield tinggi kreasi dari Geba from Bandung. Kenyamanan berkendara juga ditunjang dengan pemasangan jok milik XMAX 400 keluaran Eropa. Geser ke bawah, tampak rem depan berubah jadi double disc biar makin pakem. Tentu mesti membuat dudukan kaliper baru di bottom sokbreker kiri, dan dudukan cakram di pelek. Kedua kalipernya Brembo 4 piston loh, kebayang kan bagaimana pakemnya? Yang juga di- upgrade bagian suspensi, Gunawan mengganti kedua sokbreker belakang pakai Ohlins. “Ini agar saat berkendara terasa nyaman ketika lewat kontur jalan yang berlubang,” ujarnya. Mmm... Kalau terlalu nyaman, bisabisa tiap minggu turing nih! • Radja

Fitur hazard yang mulanya ada di mobil atau big bike, sekarang banyak ditemukan di motor kecil, misal di Honda PCX atau Yamaha Freego. Motor lawas seperti Honda Vario 125 ESP ingin punya juga? Bisa banget dan mudah loh.

Hal itu karena ada sakelar hazard yang plug and play (PNP), karena bentuknya serupa dengan sakelar sein bawaan motor (Gbr.1). Salah satu yang menjajakan Denta Prayudana Adji, yang tinggal di Pondok Gede, Bekasi, Jabar.

“Pemasangan­nya gratis, harga part- nya Rp 50 ribu sudah sepaket dengan flasher (Gbr.2), karena kalau gak ganti flasher gak kedip. Sebenarnya gak cuma buat Vario 125 lama, tapi bisa juga untuk Spacy, Absolute Revo, Scoopy, Scoopy FI, Vario Techno 110, New Blade, BEAT FI dan Supra X 125 Helm-in. Bisa juga untuk New Vario 150 tapi lubang saklar di batoknya harus sedikit dibesarin,” paparnya. Jadi, hampir semua bebek dan skutik Honda bisa pasang!

Untuk mengekseku­sinya, pertama lepas 2 baut pengunci tameng depan menggunaka­n obeng kembang (Gbr.3). Setelah itu, lepas tameng dilanjutka­n membuka baut-baut pengunci batok setangnya, tidak lupa melepas spion menggunaka­n kunci 14.

Setelah batok depan terlepas, perlu mencongkel klip pengunci sakelar menggunaka­n obeng pipih (Gbr.4). Lanjut melepas sakelar lama dan menggantin­ya dengan yang sudah dilengkapi hazard, berikut dengan kabel extension- nya (Gbr.5). Ini dia penampakan sakelar sein yang sudah dilengkapi hazard (Gbr.6). “Cara kerjanya, untuk aktifin sein sama seperti bawaan motor. Sedang aktifin hazard, caranya aktifin sein lebih dulu, bisa sein kanan atau kiri. Kalau sein sudah menyala, geser sakelar ke arah sein berlainan, jadi hazard akan nyala. Untuk matiin hazard tetap tekan tengah,” rinci Denta yang bisa dihubungi di nomor 0856855889­0.

Tapi ingat ya, kalau sudah pasang fitur ini, hazard hanya digunakan ketika dalam keadaan darurat. Misal saat mogok. • Fariz

 ??  ??
 ??  ?? Rem depan ganti piringan dan kalipernya biar lebih pakem Warna suspensi belakang Ohlins klop dengan kelir keseluruha­n Simpel tapi mewah banget Kampas rem depan tak sempurna menjepit
Rem depan ganti piringan dan kalipernya biar lebih pakem Warna suspensi belakang Ohlins klop dengan kelir keseluruha­n Simpel tapi mewah banget Kampas rem depan tak sempurna menjepit
 ??  ?? Perangkat gas buang full system dari Akrapovic Evo, sporty! Sektor penerangan utama mengandalk­an proyektor mobil belakang
Perangkat gas buang full system dari Akrapovic Evo, sporty! Sektor penerangan utama mengandalk­an proyektor mobil belakang
 ??  ?? Setang model jepit memberikan kesan sporty
Setang model jepit memberikan kesan sporty
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? Windshield pakai produk Geba Bandung
Windshield pakai produk Geba Bandung
 ??  ?? Sokbreker belakang pilih dari label ternama
Sokbreker belakang pilih dari label ternama
 ??  ?? Pasang dobel cakram agar lebih pakem
Pasang dobel cakram agar lebih pakem
 ??  ?? Knalpot custom bikin kesan lebih sangar
Knalpot custom bikin kesan lebih sangar
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia