Otomotif

PANDUAN SERVIS

-

Agar performa mesin tetap terjaga, jangan lupa untuk melakukan perawatan berkala. Menurut buku servisnya, perlu diservis tiap kelipatan 4.000 km atau 4 bulan tergantung mana yang lebih dulu tercapai.

“Tapi kalau melihat kondisi yang macet dan panas, disarankan maksimal tiap 2.500 km. Karena oli akan lebih cepat menguap,” buka Indrawan Subekti kepala mekanik Suzuki SMG (Sejahtera Motor Gemilang) di Sunter, Jakut.

Pengerjaan servis untuk varian injeksi dan karburator punya perbedaan, “Yang karburator mesti dibersihin tiap servis. Kalau injeksi bersihin injector tiap setahun sekali atau 12.000 km,” tambahnya.

Kemudian, filter udaranya perlu diganti tiap kelipatan 12.000 km atau setahun sekali, filter udaranya sejak generasi pertama hingga Nex II punya bentuk yang sama.

Bagian CVT dianjurkan dibersihka­n paling lambat tiap 2 kali servis berkala. Pasalnya membongkar area CVT ini punya jasa yang berbeda dengan jasa servis ringan.

Dari sisi fast moving generasi mayoritas sama, cuma ada beda di kampas rem depan karena Nex II menggunaka­n kaliper depan yang lebih besar, membuat kampas rem depannya beda dengan generasi sebelumnya dan punya harga yang sedikit lebih mahal.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia