Otomotif

Usia Pakai Safety Gear

-

Tidak pernah pelit ilmu dan sharing segala macam informasi yang dimilikiny­a dengan sangat luas. Tidak ada yang ditutup-tutupi. Semua dijabarkan dan diajarkan dengan sangat baik kepada siapapun. Itulah sedikit cerminan pribadi Kemal Agusmula Bachrie.

Kemal, demikian biasa disapa merupakan pemilik bengkel Khatulisti­wa Surya Nusa yang terletak di jln Pramuka, Jaktim. Dirinya juga merupakan tuner andal merek Jeep.

Dengan pribadi yang demikian, banyak yang menganggap Kemal sebagai bos, pimpinan, teman, sahabat, guru, sohib, om, bapak dan lain sebagainya. Bahkan, tak jarang yang memberi julukan ‘Bapak Jeep Indonesia’.

Pria kelahiran 58 tahun silam ini juga punya jasa yang sangat besar terhadap kemajuan speed off-road di Indonesia. Begitu banyak mobil-mobil canggih lahir dari ‘tangan dingin’nya. Seperti penggunaan mobil-mobil tubular yang terus dilahirkan dari bengkelnya tersebut.

Tak terhitung juga aplikasi-aplikasi teknologi tinggi pada mobil-mobil balap Jeep di tanah Indonesia. Dengan segala inovasinya, mobil-mobil canggih berbasis Jeep terus menerus hadir. Mobil Jeep Wrangler yang dipakai oleh anaknya sendiri, Rifky Bachrie sangat mumpuni di ajang speed off-road.

Menggunaka­n mesin yang sudah dipasang force induction serta transmisi dogbox membuatnya cukup fenomenal di ajang balap tanah.

Bukan saja secara teknis membangun mobil, Kemal juga memberi banyak pengaruh pada regulasi-regulasi untuk kejuaraan speed off-road, hingga akhirnya bisa terus sukses.

Lewat dirinya pula, mesin dyno untuk mobil 4x4 hadir di Indonesia. Mulai sejak itu, mobil-mobil balap terutama yang sistem 4x4 selalu melakukan final tuning di dyno sebelum berlomba.

Dari hasil ‘didikannya’ pula, lahir beberapa bengkel Jeep yang sangat mumpuni. Semua memiliki hasil yang juga maksimal.

Selain itu, Kemal juga pribadi yang ramah terhadap siapapun. Kalau OTOMOTIF sedang berkunjung, baik dalam rangka liputan maupun ‘main’ pasti diajak masuk ruangannya.

Namun, saat ini keramahan, sharing ilmu, sharing informasi dan masukan untuk regulasi sudah tak lagi bisa didapatkan. Tak ada lagi, “Cil, masuk sini. Ngadem sambil kita ngobrol-ngobrol,” panggilnya kepada OTOMOTIF ketika berkunjung ke bengkel. Pribadi ramah tersebut telah tutup usia pada Minggu (6/1) sekitar pukul 20.30.

Dirinya meninggalk­an 1 istri dan 3 orang anak secara mendadak.

Saat pemakaman di TPU Tanah Kusir, almarhum ‘sukses’ mengumpulk­an banyak orang dari segala golongan usia. Yang seumuran dengan almarhum, dan juga yang jauh lebih muda. Dari yang pencinta balap tanah, maupun pencinta balap aspal. Semua hadir mengantark­annya ke peristirah­atan terakhir.

Segenap awak redaksi tabloid OTOMOTIF mengucapka­n duka cita yang mendalam atas wafatnya Kemal A. Bachrie. Semoga keluarga diberi ketabahan dan keikhlasan. • TIM OTOMOTIF

 ??  ?? Almarhum meninggalk­an 1 istri dan 3 anak (dua anaknya, Dito dan Rifky duduk di kanan)
Almarhum meninggalk­an 1 istri dan 3 anak (dua anaknya, Dito dan Rifky duduk di kanan)
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia