Otomotif

Wah, Harga Mobil & Motor Baru Naik!

H.4

- Harryt • RSP,TCN,

Terhitung sejak Januari tahun ini, harga mobil dan motor mengalami koreksi. Rata-rata kenaikan dipicu oleh penyesuaia­n pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) kendaraan baru sebesar 10 persen. Diawali mampir ke salah satu dealer Toyota dibilangan Tangsel.“hampir semua unit naik harga. Berlaku per 1 Januari 2019 ini,” ujar Chitra salah satu sales counter.

Ia menambahka­n, khusus Avanza yang bakal ada penyegeran baru pada 15 Januari 2019, masih ada stok lama. “Model lama jumlahnya tak banyak, cuma 5 unit. Warna yang tersedia pun bukan warna favorit, yaitu biru dan champagne,” lanjutnya.

Bergeser ke salah satu dealer Honda mobil yang telah menyesuiak­an harga. “Harga baru untuk mobil Honda di 2019 ini berlaku mulai 2 Januari lalu,” ujar seorang sales showroom mobil Honda di bilangan BSD, Tangsel.

Dilanjut menyambang­i dealer Mitsubishi di bilangan Pondok Indah, Jaksel. “Semua varian Xpander naik harga Rp 2.250 juta. Pajero Sport semua varian naik harga Rp 5 juta,” tutur wiraniaga dealer Mitsubishi tersebut.

Berikutnya berkunjung ke dealer Wuling di wilayah Ciputat, Tangsel. “Confero naik harga Rp 2-3 juta. Tapi kalau Cortez semua varian naik harga Rp 2 juta. Formo juga naik Rp 2 juta,” beber tenaga penjual Wuling Ciputat.

Harga motor juga ikut terkoreksi, termasuk harga motor skutik yang paling besar pangsa pasarnya saat ini. “Untuk skutik kenaikanny­a kecil kok, yang terkecil Rp 50.000 sampai yang terbesar Rp 410.000. Kenaikan ini belum termasuk ubahan VIN 2019 yang masih menunggu,” ujar Yayat, Supervisor dealer Honda Dunia Motor di Kebayoran Lama, Jaksel saat ditemui.

Yamaha justru belum ada kenaikan harga jual secara reguler pergantian tahun. Sebab masih menunggu kalkulasi BBNKB. “Untuk kenaikan harga tahun ini juga belum ada pemberitah­uan. Paling ada penambahan biaya BBNKB untuk kendaraan tahun 2019, untuk pengurusan surat-surat sekitar Rp 500 ribu,” ujar Irma, Sales Counter Yamaha Putera Pos Pengumben, Jakbar.

Begitupun saat kami mendatangi dealer Yamaha yang berada di kawasan Jatiasih, Bekasi.

Kemudian Suzuki yang telah menaikkan harga seluruh varian motor NEX II pada awal tahun ini sebesar Rp 500 ribu. “Harga motor yang naik untuk skutik hanya NEX II saja, yang lain normal. Untuk kenaikan kemungkina­n pertengaha­n tahun, nunggu kenaikan harga pajak tahun ini juga,” ucap Yulia Sales Counter Suzuki SMG Kebayoran.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia