Otomotif

UNTUK OFFROAD ATAU HARIAN?

-

Suspension lift menjadi opsi lift kit untuk menambah ground clearance SUV atau D-cab Anda dengan aman dan nyaman. Penambahan ketinggian yang disarankan untuk SUV dan D-cab adalah 4 hingga 5 cm. “Atau maksimal 3 inci atau sekitar 7,5 cm jika menurut regulasi di Australia,” terang Arif.

Sebenarnya beberapa produsen juga menawarkan suspension lift dengan penambahan tinggi hingga 4,5 inci. Namun spesifikas­i tersebut khusus bagi yang ingin serius terjun off-road. Selain itu, suspension lift dengan penambahan tinggi 4,5 inci atau lebih, membutuhka­n modifikasi dan penyesuaia­n pada bagian suspensi bawaan mobil.

“Minimal ganti arm untuk suspensi depan, agar camber roda tidak jadi plus (+) akibat tertarik oleh arm,” tambah pehobi game ini.

Pilihan suspension lift- nya sendiri cukup banyak, namun umumnya buatan Australia atau Thailand. Contohnya seperti produk OME, Raw 4x4, Dobinsons, Tough Dog dan Profender. Harganya mulai dari Rp 10 hingga 12 jutaan. Suspension lift tersebut tersedia untuk D-cab seperti Ford Ranger, Mitsubishi Triton, Toyota Hilux hingga SUV layaknya Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Untuk mobil-mobil yang menggunaka­n per keong, memang mudah mengganti pernya dengan yang berukuran lebih panjang. Lalu bagaimana dengan mobil yang menggunaka­n per daun di bagian belakang seperti pikap kabin ganda?

Untuk per daun justru lebih mudah lagi, karena untuk meninggika­n mobil tinggal ganti komponen shackle atau biasa dikenal dengan sebutan anting per yang memiliki ukuran lebih tinggi. Namun menurut Arif, pemasangan suspension lift merek di atas, terbilang mudah dan tanpa modifikasi pada bagian suspensi SUV dan D-cab.

“Karena biasanya si produsen sudah melakukan riset terlebih dahulu dengan mobilnya,” sahut pemukim di kawasan BSD ini.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia