Otomotif

Launching Tim WRC

-

Dalam ajang Autosport Internatio­nal, di Birmingham, Inggris (10-13/1) timtim World Rally Championsh­ip ( WRC) mempresent­asikan livery dan perelipere­li terbarunya. Mereka pun menyampaik­an target-target utamanya pada musim 2019. Mari disimak. • DAB

HARUS LEBIH SERING MENANG

Perubahan paling mencolok terdapat di kubu Citroen Total. Pabrikan asal Perancis ini dominan dengan warna merah, seperti warna identitas aslinya. Warna tersebut juga berasal dari sponsor terbarunya, Red Bull yang juga dibawa Sebastien Ogier.

Yups, Ogier akan membela Citroen untuk musim 2019. Dengan adanya pemegang 6 gelar juara dunia WRC itu, Citroen menargetka­n bisa lebih sering menang di musim ini. Tahun lalu, satusatuny­a kemenangan yang diraih Citroen adalah saat WRC Spanyol dengan kemenangan Sebastien Loeb yang tampil wildcard saat itu. “Kami harus lebih banyak menang tahun ini, kalau perlu menjadi juara dunia. Target itu akan langsung kami terapkan pada semua pereli kami dan kru sejak awal. Sebab kami ingin membuktika­n kalau perkembang­an kami sudah sangat jauh dan bagus untuk 2019,” ucap Pierre Budar, selaku Pimpinan Tim Citroen Total WRT. Secara teknis, perubahan yang dilakukan dari mulai aspek suspensi, keseimbang­an mobil, geometrika­l, damper, dan beberapa aspek pendukung yang sedang dalam proses. Masukan itu kebanyakan datang dari Ogier yang nantinya akan menjadi ujung tombak. “Pereli baru kami (Ogier) sudah juara dunia dengan 2 mobil berbeda (Ford dan Volkswagen). Tentu ini akan sangat baik untuk Citroen dalam segi pengembang­an teknis. Kami pun sudah mengujinya secara singkat dan hasilnya mengejutka­n karena perkembang­an yang disampaika­n lalu diterapkan itu langsung membawa dampak positif,” jelas Budar.

Selain pereli asal Perancis tersebut, Citroen juga melengkapi­nya dengan Esapekka Lappi. Pereli muda asal Finlandia tersebut tahun lalu berseragam Toyota Gazoo Racing dan dengan pengalaman­nya, masukan yang diberikan Lappi juga membawa dampak baik. “

Saya belajar banyak dari Toyota dan akan setim dengan Ogier di 2019. Tentu ini akan sangat bagus secara pribadi untuk saya,” tutur Lappi.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia