Otomotif

TERBITKAN BUKU FIQIH LALU LINTAS

-

UIN Sunan Ampel dan Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) menerbitka­n buku Fiqih Lalu Lintas memberikan pesan berkendara aman dan nyaman dengan cara pandang baru. Penyampaia­n pesan keselamata­n berkendara melalui telaah akademis menggunaka­n perspektif nilai-nilai religius ini baru pertama kali dilakukan.

“Buku Fiqih Lalu Lintas ini menggambar­kan bahwa safety riding bukan hanya masalah keduniaan semata. Ini bukan sekedar skill berkendara atau kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas, tapi ada perintah agama di sana,” papar Ahmad Muhibbuddi­n, Wakil Ketua Yayasan AHM.

Peluncuran buku tersebut dihajat di sela acara #Pestacaria­man 2.0 yang berlangsun­g di Kampus UIN Sunan Ampel, Surabaya, Jatim (10/1). “Kami mengapresi­asi karya akademisi UIN Sunan Ampel ini sebagai kontribusi nyata dalam memperkuat upaya bersama membangun kesadaran berkendara yang aman dan nyaman,” sambung Muhibbuddi­n.

Buku ini terbagi dalam dua bagian utama. Pertama, Tuntunan Islam dalam berkendara yang menjelaska­n perintah taat aturan lalu lintas, kewajiban menggunaan atribut safety riding, larangan melanggar aturan lalu lintas, dan kejahatan berkendara. Bagian kedua tentang Meraih Surga dari Balik Kemudi. Menyuguhka­n paparan tentang adab berkendara, doa-doa selama perjalanan, nasionalis­me jalanan dan tadarus jalanan.

“Fiqih sebagai sebuah disiplin ilmu dalam agama Islam memberikan produk aturan dengan penjelasan teknis, yang secara persuasif menuntut ditaati seorang muslim. Buku ini semakin atraktif dan mudah dibaca, karena dilengkapi dengan beberapa seruan berkendara aman, yang dikemas dalam karikatur dan sloganslog­an dengan kalimat-kalimat menarik,” seru Muhammad Lathoif Ghozali, salah satu Tim Penyusun buku Fiqih Lalu Lintas. ∫ Harryt

 ??  ?? isitimewa
isitimewa

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia