Otomotif

KETIKA BAU TAK SEDAP MENGGANGGU

-

Dear bikers, selain tunggangan, apparel seperti helm, jaket, sarung tangan dan sepatu juga perlu diperhatik­an lho. Jangan sampai apparel tersebut menimbulka­n bau tak sedap saat mau dipakai. Ih, enggak banget kan… Penyebab bau tak sedap tersebut bisa bermacam-macam. Paling umum berasal dari keringat. Apparel yang terkena keringat namun tak rajin dibersihka­n akan meninggalk­an bau. Selain itu juga karena basah bekas kehujanan, atau kondisi apparel lembab. Eits, tak perlu khawatir. Sebab saat ini sudah banyak dijual produk untuk menghilang­kan bau di apparel. Umumnya berbentuk kemasan botol spray beragam ukuran. Oiya, selain menggunaka­n parfum penghilang bau, perlakuan yang benar juga diperlukan agar hasilnya maksimal.

PENGHARUM KHUSUS

Di pasaran tersedia beragam merek pengharum untuk apparel. Seperti Fiore dan Z’gare yang bisa ditemui di toko buku Gramedia.

Kedua produk ini bisa digunakan untuk mengharumk­an helm, jaket, sarung tangan hingga sepatu. Baik Fiore maupun Z’gare dibanderol masingmasi­ng Rp 35.000. “Lebih ekonomis kalau beli dua sekaligus, hanya Rp Rp 50.000,” promo wiraniaga yang bertugas.

Selain itu, ada juga merek lain seperti MTR yang bisa ditemui di toko peralatan bikers maupun gerai penitipan dan pencucian helm di parkiran mall. Harganya bisa berbeda antar toko. Semuanya menawarkan wangi yang segar.

Sebelum menggunaka­n pengharum apparel wajib hati-hati, karena kebanyakan mengandung bahan dasar kimia. Jangan tergiur dengan wanginya saja.

“Yang namanya bahan kimia tidak selalu bersahabat dengan kulit tiap orang. Apalagi yang kulitnya sensitif, bisa bikin iritasi. Jadi baiknya pemakaiann­ya jangan terlalu sering,” wanti Agus Hermawan selaku owner Juragan Helm.

Dirinya menambahka­n, sifat cairan parfum yang baik tidak boleh mengendap dan mengandung gas. Dengan kata lain harus cepat menguap dan tidak menyisakan cairan sedikitpun.

“Kalau wanginya sih sebenarnya hanya bonus. Yang terpenting parfum harus ampuh membunuh kuman dan jamur penyebab bau tidak sedap,” lanjut pria yang buka toko di Arteri Kelapa Dua, Jakbar ini.

Oiya, khusus helm selain menggunaka­n parfum, bisa juga menggunaka­n alat khusus seperti Sharp Ion Plasmaclus­ter yang dijual di Juragan Helm seharga Rp 800.000.

“Perlu dicatat, alat ini bukan pembersih maupun pengering helm. Dengan teknologi Ion Plasmaclus­ter, alat ini akan menghembus­kan 25.000 ion positif dan negatif yang bertugas untuk menghilang­kan bakteri, virus, kuman dan jamur penyebab bau. Tersedia warna hitam, merah dan putih,” promonya.

PERLU PERLAKUAN BENAR

Sementara itu, Irwansyah dari Deride Oficial Store di Radio Dalam, Jaksel mengatakan kalau perlu perlakuan yang benar agar apparel tidak menghasilk­an bau.

“Usahakan agar selalu tetap kering. Jika lembab atau basah karena keringat atau kehujanan setelah dipakai, sebaiknya segera keringkan dengan cara diangin-anginkan. Pokoknya jangan didiamkan terlalu lama,” ujar Irwan sapaan akrabnya.

Ia menambahka­n, jika ada waktu, sebaiknya apparel dicuci. “Perhatikan bahannya juga. Untuk jaket yang berbahan mesh pantang dicuci dengan mesin. Cukup sikat dengan lembut saja,” tambahnya.

“Sedangkan untuk helm, harus dicuci bersih busa (pad) nya. Tidak lupa juga kain cover di tali pengikatny­a juga harus dibersihka­n karena banyak keringat di leher. Kebanyakan chin strap cover tidak bisa dilepas, jadi harus dicuci dengan sabun dan gosok dengan sikat halus. Selain itu lubang-lubang ventilasi juga harus dibersihka­n karena banyak kotoran atau debu yang menumpuk,” tambah Agus.

Bila ingin memakai parfum, pastikan busa helm sudah dicuci bersih dan dikeringka­n terlebih dahulu. “Kalau busa sudah bau dan disemprot, malah makin memperpara­h baunya,” wanti Agus.

Selain menggunaka­n pengharum, untuk menjaga apparel juga bisa dengan cara lain. Yakni dengan cara memanfaatk­an silica gel. Bahan ini biasanya ada saat kita membeli sepatu, jaket atau lainnya dalam keadaan baru. Sayangnya, silica gel ini biasanya langsung dibuang. Padahal fungsinya bisa untuk menghilang­kan jamur dan menjaga apparel tetap kering.

 ??  ?? foto: randy
foto: randy
 ??  ?? Arahkan ke bagian dalam helm dan jaket
Arahkan ke bagian dalam helm dan jaket
 ??  ?? ist imewa
ist imewa
 ??  ?? Kemasannya cukup ringkas, mudah disimpan
Kemasannya cukup ringkas, mudah disimpan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia