Otomotif

GANTI JADI 2 TAK!

-

Piaggio Zip yang hadir di Indonesia pakai mesin 4 tak 100 cc, tapi di Italia ada juga varian 2 tak 50 cc berpending­in cairan. Makanya kalau mau engine swap tentu bisa, karena engine mounting serupa. Seperti Zip milik Rian Budiarso ini.

“Motor ini awalnya punya teman, kondisinya mangkrak kehujanan kepanasan, kacau deh. Waktu itu katanya sudah habis Rp 50 juta. Akhirnya gue bayarin Rp 30 juta di 2016,” bukanya.

Oleh Budi, panggilan akrabnya, dilakukan beberapa perbaikan seperti radiator yang mesti bikin ulang dan tambah kipas V-ixion. Jeroan mesin juga direstoras­i, “Semua laher ganti baru, roller, membran juga soalnya sobek. Juga merapikan dan poles-poles portingann­ya. Kalau bloknya pakai Polini piston 52 mm, jadi dari 50 cc jadi 84 cc deh,” tuturnya. “Crankshaft ganti BGM full circle dengan setang piston forging. Lalu pengapian menggunaka­n Italkit, rasio Malossi 47/14 dan roller Polini super enteng yang hanya 3,4 gram,” sebut pria yang tinggal di Ciputat, Tangsel. “Lawan Vespa modern bore up 200 cc juga masih menang Zip ini, hahaha…” bangga Budi yang memiliki 4 buah Zip ini. Busyet kolektor! Ubahan lainnya bodi depan menggunaka­n Zip SP dengan ciri sirip besar, sebagai jalur masuknya angin menuju radiator. Kemudian sok teleskopik diganti single fork dari Vespa LX, “As komstirnya dipendekin dibuat kayak orinya Zip. Sok juga LX tapi dipendekin,” tunjuk Budi yang melakukan oprekannya di rumah. Wah bukan Zip kaleng-kaleng ini sih!!

 ??  ?? Spidometer punya Zip 2 tak, ada indikator temperatur mesin dan oli samping Radiator custom di balik fairing depan sebagai pendingin mesin mungilnya Karburator PWK 26 menghadap belakang denganinta­ke tegak, rawan kotor nih GAMPANG MENGALAHKA­N VESPA MODERN 200 CC
Spidometer punya Zip 2 tak, ada indikator temperatur mesin dan oli samping Radiator custom di balik fairing depan sebagai pendingin mesin mungilnya Karburator PWK 26 menghadap belakang denganinta­ke tegak, rawan kotor nih GAMPANG MENGALAHKA­N VESPA MODERN 200 CC
 ??  ?? Pengapian Italkit dengan magnet kecil ala special engine
Pengapian Italkit dengan magnet kecil ala special engine

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia