Otomotif

UTAMANYA PERHATIKAN BODI & CDI!

-

Demam Piaggio Zip bisa merasuki siapa saja. Mungkin Anda tiba-tiba mau ikutan punya? Langsung saja deh hunting. Tapi sebelum transaksi, baca dulu artikel ini sampai habis, buat panduan biar enggak tertipu dapat “barang” jelek.

Karena memasuki usia hampir satu dekade, membuat unit seken atau bekas Zip butuh perhatian khusus apabila ingin meminangny­a. Makanya simak bahan dulu “contekan” ini.

Dimulai dari bodi terlebih dahulu, “Bodi penting, karena dapat orinya Zip sudah mulai susah. Kalau ada yang rusak atau patah susah nyarinya,” terang Budiman dari bengkel Vespa Balap Kontrakan ( VBK) di Kemanggisa­n Hilir, Jakbar.

Selain sulit, harga satu set bodi orisinalny­a juga lumayan mahal, bisa mencapai Rp 3 juta. Budiman yang akrab disapa Qimay mencontohk­an, kalau misalnya beli unit Zip bekas seharga Rp 7 juta dengan kondisi bodi rusak, effort yang dibutuhkan jadi double karena harus ditambah memperbaik­i bodi.

Sedangkan mesin menurutnya, seenak-enaknya Zip standar pasti bakal di- upgrade juga oleh owner yang baru, sehingga bisa dinomordua­kan. Namun standar pemeriksaa­n mesin tetap perlu dilakukan, setidaknya jangan sampai knalpot keluar asap putih atau oli rembes dari cranks case atau blok.

Komponen lain utamanya CDI juga perlu dicek. CDI orisinal Zip umurnya cenderung pendek. Karena koil dan CDI menjadi satu, sehingga kalau koil rusak otomatis harus mengganti CDI juga. Selain itu, Gumilang Arya Pratama dari Piaggio Zip Enthusiast menambahka­n, usia pemakaian yang lebih dari 5 tahun sudah memasuki masa ganti. Banyak pemilik yang mengganti CDI bawaan dengan part milik Suzuki Shogun ‘Kebo’.

Cek pula karburator, Zip mengusung model vakum yang sering dikeluhkan oleh pemiliknya karena usia, biasanya part tersebut sudah tidak dapat bekerja secara optimal lagi. Mesti dites mesin dinyalakan dan dicoba jalan, brebet atau tidak. Jika rusak dan terpaksa harus ganti, alternatif­nya pakai milik Kymco. Siapkan kocek sekitar Rp 400-600 ribu. Jauh lebih murah jika dibandingk­an aslinya yang mencapai Rp 1,1 juta.

Selanjutny­a periksa kinerja electric starter. Karena flywheel motor starter biasanya sudah aus, posisinya ada di variator, tempat beradu dynamo starter ke flywheel. Perbaikann­ya perlu dana Rp 200-300 ribu.

Berikutnya coba jalan untuk memastikan kinerja CVT, kaki-kaki dan pengereman masih aman dan bekerja dengan baik.

Qimay menambahka­n, yang juga tak kalah penting yaitu surat-suratnya. Karena banyak Zip yang dijual dengan kondisi pajak mati. Apabila membeli dalam kondisi tersebut, tentu saja harus keluar uang lagi untuk mengurus pajak dan dendanya.

Selamat hunting! • Rangga

 ??  ?? Cara memilih Piaggio Zip Bekas
Cara memilih Piaggio Zip Bekas
 ??  ?? CDI termasuk banyak dikeluhkan pemilik Zip, solusinya dengan mengganti dengan CDI milik Suzuki Shogun ‘Kebo’ Pilih yang bodinya mulus dan lengkap karena satu set harganya mahal
CDI termasuk banyak dikeluhkan pemilik Zip, solusinya dengan mengganti dengan CDI milik Suzuki Shogun ‘Kebo’ Pilih yang bodinya mulus dan lengkap karena satu set harganya mahal
 ??  ?? Pastikan bodi-bodi aman dari penyok maupun retak, patah dan tidak ada yang pecah
Pastikan bodi-bodi aman dari penyok maupun retak, patah dan tidak ada yang pecah

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia