Otomotif

Komparasi SUV & City Car

-

Salam sukses bung OTO, mau nanya OTOMOTIF sudah pernah komparasi DFSK Glory 580 dengan All New Honda CR-V Turbo belum? Dan juga komparasi city car All New Brio RS dan Suzuki Ignis. Kalau untuk kenyamanan dan safety mobil SUV antara CR-V Turbo Prestige, Toyota Fortuner VRZ, All New Mitsubishi Pajero lebih nyaman dan unggul mana? Terima kasih.

Adam Farrel – Bandar Lampung, Lampung

Salam sukses juga buat bro Adam. Sebelumnya, perlu dijelaskan kalau kami melakukan komparasi sesuai kategori dan spesifikas­inya. Contoh antara Glory 580 dan All New CR-V 1.5 tidak sama alias bukan pesaing. Karena Glory 580 berada di Medium SUV, sedangkan All New CR-V 1.5L Turbo di High SUV.

Begitu juga dengan All New Brio RS dan Ignis bukan satu segmen. Brio RS masuk di kategori Medium Hatchback sementara Ignis ada di City Hatchback. Sama juga dengan CR-V Turbo, Fortuner VRZ dan All New Pajero Sport.

Komparasi Dfsk Glory 580 & Wuling Almaz

Dengan hadirnya SUV baru dari negeri tirai bambu, kapan kira-kira dibuat komparasi antara DFSK Glory 580 dan Wuling Almaz. Terima kasih.

Iwan Joewono – via Whatsapp

Wuih, mas Iwan pasti penasaran banget nih ya? Sama, hehehe… Berhubung Wuling belum resmi meluncurka­n Almaz-nya jadi unit tesnya pun belum tersedia untuk mengambil data tesnya. Tapi tenang, setelah kami mendapatka­n unit tesnya untuk dites, segera kami lakukan komparasin­ya. Sabar ya.

Suspensi Isuzu Panther Limbung

Hallo OTOMOTIF! Mohon advise bagaimana membuat suspensi depan Isuzu Panther tahun 2014, supaya lebih rigid seperti Toyota Kijang Innova, Hilux atau brand yang lainnya?

Kami menggunaka­n Panther sebagai kendaraan operasinal karena tangguh, hemat bahan bakar, suku cadang dan perawatan murah.

Hanya saja seperti diketahui, suspensi depan Panther cenderung soft dan limbung kalau dipakai kecepatan tinggi. Terutama saat di jalan tol, yang kadangkala terkena embusan angin kencang atau jalan bumpy.

Kalau harus upgrade shock depan, mohon info beberapa options yang paling cocok dan harga kompetetif. Demikian terima kasih!

Safudi – Sidoarjo, Jatim

Hallo juga Mas Safudi. Mungkin maksud Anda suspensiny­a ingin dibuat sedikit lebih keras atau hard, bukan rigid. Kalau rigid kan sama sekali tidak ‘main’, hehehe..

Oke, umumnya bila bantingan suspensi terlalu soft atau sebaliknya keras, langkah yang sering diterapkan adalah mengganti pernya. Jika terlalu empuk, artinya per diganti dengan yang sedikit lebih keras. Begitu pula sebaliknya, kalau terlalu keras, ganti pernya dengan yang lebih empuk.

Nah, untuk per apa yang cocok, kami sarankan Anda untuk konsultasi dengan bengkel per dan shock terpercaya di kota Anda. Karena biasanya mereka punya beberapa opsi yang bisa diaplikasi, yaitu pakai per mobil lain atau custom.

Namun sebelum memutuskan mengganti pernya, ada baiknya periksa juga kondisi sokbrekern­ya. Sebab, kinerja sok yang lemah juga bisa mempengaru­hi bantingan suspensi.

Usulan Buat OTOMOTIF

Salam satu aspal. Menanggapi komentar Editorial OTOMOTIF Edisi 35 XXVIII perihal pemangkasa­n halaman dari 32 halaman menjadi 24 halaman. Saya sebagai pelanggan OTOMOTIF merasa jadi galau. Kalau alasannya agar tetap eksis dan menjadi bacaan utama dunia otomotif sepertinya kontraprod­uktif. Seharusnya OTOMOTIF lebih bisa memberikan yang terbaik seputar dunia otomotif bagi pembaca sebagai referensi utama dunia otomotif. Saya bisa paham kalau alasannya memangkas cost produksi, tapi seharusnya jangan mengorbank­an tagline dan misi OTOMOTIF sejak awal diterbitka­n. Saya lebih setuju kalau harga jual yang dinaikkan dengan lebih menyuguhka­n bacaan informatif. Hal ini untuk tetap menarik minat baca pelanggan tanpa harus hijrah ke sumber informasi digital. Selanjutny­a saya menyaranka­n agar rubrik Ototips diperbanya­k untuk menambah wawasan dan menginspir­asi pembaca dalam hal tips dan kreatifita­s terhadap teknologi otomotif. Mungkin itu keresahan dan usul saya, bravo OTOMOTIF. Terima kasih. Satya Atharafa – Sidikalang, Dairi, Sumut

Salam satu aspal bro. Bro Satya enggak usah galau atau resah, karena kami akan selalu menjaga ulasan-ulasan supaya bisa menjadi bacaan utama dan sebagai referensi bagi pembaca kok. Yang terpenting tagline kami sejak lahir; Yang Awan Jadi Paham, Yang Profesiona­l Semakin Spesial tetap kami pegang teguh sampai kapanpun.

Usulan bro Satya untuk menaikkan harga, menarik nih. Hehehe… Tapi kami tampung dulu ya bro. Oiya, memperbany­ak ulasan tips juga jadi masukkan kami ke depannya. Terima kasih banyak.

 ??  ?? f.yosi
f.yosi
 ??  ?? bimo ss
bimo ss

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia