Otomotif

Komparasi Skutik 250 cc

H.18-19

-

diesel yang menggunaka­n bio solar. Asalkan periodik perawatan atau penggantia­n komponen macam filter solar, dilakukan lebih cepat bila dibanding pakai solar berkualita­s tinggi macam Pertamina Dex atau yang setara.

Selain itu, disarankan pada periode tertentu dilakukan pembersiha­n deposit secara menyeluruh, mulai dari tangki BBM, saluran bahan bakar, hingga ruang bakar, menggunaka­n cairan system yang kini mulai banyak pilihannya di pasaran.

Lalu soal ekonomis mana antara diesel dan bensin, menurut kami relatif. Karena masingmasi­ng punya kelebihan dan kekurangan, termasuk dalam hal maintenanc­e atau perawatan. Tapi kalau soal efisiensi bahan bakar antara Innova bensin dan diesel dari hasil tes yang pernah kami lakukan, jelas masih lebih unggul yang solar. Maklum, kan sudah mengusung mesin commonrail.

Begitu pula soal pilihan transmisi, masing-masing juga punya kelebihan dan kekurangan. Misalnya dari segi perawatan, yang matik memang durasinya lebih lama dibanding transmisi manual. Namun ketika masuk jadwal untuk ganti atau kuras oli transmisi, Anda mesti rela merogoh kocek lebih banyak dibanding transmisi manual. Biaya perbaikann­ya bila rusak juga jauh lebih mahal.

Sementara soal efisiensi bahan bakar antara transmisi manual dengan matik, semua tergantung cara kita ngegas. Hasilnya sih tidak terpaut begitu jauh, meski memang yang transmisi manual rata-rata lebih irit.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia