Otomotif

DIESEL

BERTENAGA

-

Pada dua edisi lalu, OTOMOTIF telah membahas impresi penampakan BMW X4 xdrive 20d. Sebenarnya dalam waktu yang sama, kami juga diberi kesempatan merasakan SAC (Sport Activity Coupe) ini di jalan raya Thailand.

Tidak berselang lama, BMW Group Indonesia pun meluncurka­n BMW X4 di Indonesia (7/2). Namun memiliki perbedaan dengan BMW X4 versi Thailand yang menggunaka­n mesin diesel, lantaran di neger Gajah Putih ini lebih laku mesin ini. Sedangkan di Tanah Air, menggunaka­n mesin bensin.

Secara penampilan, BMW X4 di Indonesia juga memiliki perbedaan dari yang OTOMOTIF jajal di Thailand. Untuk X4 yang dijual di Indonesia adalah tipe M Sport X. Tipe ini versi lebih tinggi dari M Sport yang kami jajal di Thailand. Lalu bagaimana impresi berkendara BMW X4 ini? Lanjut ya bacanya! • Rindra

Bagi pemesan All New Suzuki Ertiga mulai bulan Februari ini, enggak usah kaget bakal diberikan varian terbaru. Pasalnya, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku APM mobil Suzuki, akan mengeluark­an varian terbaru LMPV yang diluncurka­n bulan April tahun lalu ini.

Seperti informasi yang tersebar luas melalui surat yang dibuat PT SIS untuk seluruh jaringan dealer Suzuki di Indonesia. Surat tersebut memberitah­ukan kalau All New Ertiga tipe GL dan GX mulai bulan Februari akan ada beberapa perubahan.

Salah satu yang menarik adalah perubahan sistem pengaturan AC khusus di tipe GX. Kalau saat ini memakai sistem manual, di varian terbaru akan ganti dengan digital atau disebut Digital Panel AC Auto with Heater. Melihat improvemen­t ini, Suzuki sepertinya ‘belajar banyak’ dari LMPV pesaing yang sudah menggunaka­n Automatic AC.

Pengembang­an di sektor interior All New Ertiga GX lainnya berupa casing atau garnish head unit yang dibuat rata namun masih gunakan head unit yang sama. Sehingga tampilan dasbor jadi terlihat lebih mewah seperti LMPV lainnya yang sudah mengusung head unit layar besar dan rata.

Masih di interior, untuk tipe GL dan GX, hand grip atau pegangan tangan model fix penumpang di baris 1 dan 2 diganti dengan model adjustable. Namun di baris ke-3 masih pakai hand grip fix.

Selain itu, desain pelek All New Ertiga tipe GX juga berubah, dari model akar menjadi palang ‘kipas’ tujuh paduan warna krom dan hitam. Lalu, sudah dilengkapi pula dengan defogger di kaca belakang. Nah, khusus peminat All New Ertiga tipe GL juga sudah disuguhkan fog lamp seperti pada tipe GX.

Saat dikonfirma­si mengenai improvemen­t ini, pihak PT SIS tidak menampikny­a. “Betul mas. Improvemen­t ini berdasarka­n

untuk penumpang baris 1 dan 2 berganti jadi adjustable

masukkan dari konsumen,” jelas Donny Saputra, Direktur Pemasaran PT SIS melalui pesan singkatnya (10/2).

Soal harga barunya, All New Ertiga improvemen­t ini naik sekitar Rp 1 juta sampai Rp 3,5 juta tergantung tipe. Persisnya, kenaikan Rp 1 juta untuk tipe GL, sedangkan Rp 3,5 juta untuk tipe GX. All New pemesanan sekitar 14 hari,” ujar Renty, sales counter PT. Nusantara Berlian Motor Sudirman.

O iya, body kit yang digunakan terdiri dari 4 pieces, yaitu bagian depan, belakang dan sideskirt (kirikanan) yang sudah dicat sesuai warna bodi.

Harga segitu juga sudah termasuk penambahan stiker striping di sisi kiri kanan bawah kaca samping, mulai dari depan sampai belakang.

Lalu saat melihat kualitas body kitnya, hemm.. terbilang bagus dan rapi finishingn­ya loh seperti body kit OEM Mitsubishi. Yang pasti, model

‘Bonus’ stiker striping

body kit- nya bikin tampilan Xpander jadi makin keren dan juga lebih sporty.

Buat Anda yang berminat, bisa sambangi dealer tersebut.

DESAINDeng­an harga Rp 203 juta saja, wajah Cortez 1.5L C ini nyaris tak ada perbedaan dengan varian Cortez 1.8L C walaupun terpaut Rp 22 juta.

Di bagian eksterior, ia sama-sama sudah dilengkapi headlamp proyektor, fog lamp, DRL, spion lipat, antena sirip hiu. Bahkan pelek 16 incinya juga menggunaka­n desain yang sama. Secara keseluruha­n, desainnya tetap kuatkan kesan elegan.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia