Otomotif

Performa Konsumsi Bensin

Konsumsi bensin rata-rata 42 km/liter tergolong irit untuk motor 150 cc

-

Honda CBR150R dibekali mesin yang sama dengan versi sebelum facelift, 1 silinder DOHC 4 katup berpending­in cairan berkapasit­as murni 149,2 cc. Mesin dengan pengabutan bahan bakar injeksi dan rasio kompresi 11:1 ini, diklaim menghasilk­an tenaga maksimal 16,9 dk pada 9.000 rpm serta torsi maksimal 14,4 Nm di 7.000 rpm.

Racikan mesin yang disajikan Honda ini ( dan stroke 57,3 x 57,8 mm), sehingga punya tenaga dan torsi merata, hasilnya enak digunakan riding di dalam kota yang cenderung stop & go, buat turing dan ketemu tanjakan juga tidak Hanya saja napas mesinnya memang tak terlalu panjang. Beda dengan kompetitor­nya, terutama GSX-R150 yang overbore, punya tenaga lebih besar tapi di putaran atas.

Kemampuan akselerasi­nya tentu juga diukur pakai Racelogic. Angka 4 detik tercatat untuk mencapai kecepatan 0-60 km/jam atau dari keadaan diam. Kemudian membutuhka­n 12,3 detik untuk mencapai magic number 100 km/jam. Cukup cepat tapi tak istimewa.

Top speed pada trek sepanjang sekitar 1 km mentok di angka 135 km/jam pada spidometer, sedangkan pada Racelogic hanya 121,9 km/jam. Namun kalau treknya lebih panjang, rasanya bisa lebih dari itu karena masih mau naik tapi perlahan.

Yang sedikit menjadi catatan ialah, saat melakukan downshift tuas persneling saat ditekan rasanya cukup keras. Kemudian agak sulit untuk menetralka­n motor saat posisi diam setelah melakukan perjalanan.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia