Otomotif

FITUR & TEKNOLOGI

-

Bicara fitur, diawali dahulu dari yang paling diunggulka­n dari sebuah skutik, yaitu akomodasi. Di bawah jok, ketiganya menyediaka­n bagasi beda ukuran. Paling luas dan dalam milik XMAX, yang begitu mudah menampung 2 helm full face, milik Forza juga sama luasnya hanya sedikit lebih dangkal, sedang paling sempit punya Downtown, yang muat helm full face dan half face.

Oiya luasnya bagasi ini dipengaruh­i desain jok, milik XMAX paling tinggi dan lebar, makanya bawahnya lega. Jok Forza sedikit lebih ramping, maka kapasitasn­ya sedikit berkurang. Sedang Downtown joknya paling rendah, sehingga bagasinya sempit.

Masih tentang akomodasi, di bawah setang ada pula tempat penyimpana­n. Punya XMAX ada 2 konsol di kanan kiri, tapi dangkal. Downtown juga punya 2 namun sedikit lebih dalam dibanding XMAX. Sementara Forza hanya punya 1, tapi paling dalam dan luas. Oiya di ketiga konsol motor ini terdapat power outlet yang bisa untuk mengecas smartphone atau GPS.

Geser ke fitur yang mempengaru­hi kenyamanan, yaitu windshield. Paling canggih tentu milik Forza, yang elektrik jadi bisa naik turun cukup dengan memencet tombol. Punya XMAX juga bisa disetel tapi manual, perlu bongkar pakai kunci. Sedang Downtown fix tak bisa disetel.

Lanjut ke bagian lampu-lampu, hanya Forza yang seluruhnya sudah LED sehingga awet dan hemat listrik. Sedang XMAX yang LED lampu utama dan rem, sein masih bohlam. Kalau Downtown hanya lampu rem yang LED, lampu utama pakai H7 jadi pancaran sinarnya lebih kuning, pas untuk menembus kabut.

Berikutnya fitur keamanan Forza punya smart key atau keyless yang terintegra­si dengan alarm dan answer back system. XMAX juga sudah keyless tapi tanpa alarm. Sedang Downtown masih pakai kunci konvension­al, namun dilengkapi penutup magnet.

Fitur keselamata­n pun ada, seperti ABS yang terdapat di Forza dan XMAX, di Downtown belum ada. Tapi di ketiga motor sudah sama-sama pakai rem cakram di kedua roda.

Ada pula kontrol traksi, di XMAX namanya TCS ( traction control system) sedang di Forza ada HSTC (Honda selectable torque control), Downtown lagi-lagi belum punya.

Geser ke panel instrumen, ketiganya sama mengombina­sikan analog dan digital, tapi beda di detail info yang disajikan. Untuk detailnya bisa dilihat di tabel.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia