Otomotif

UBAH YAMAHA R25 JADI R3

-

Halo redaksi OTOMOTIF, ada pertanyaan nih:

1. Jika Yamaha YZF-R25 standar ingin diubah menjadi YZF-R3 standar pabrik, part mesin apa saja yang mesti diganti? Apakah cukup dengan mengganti piston dan blok silinder saja? Bagaimana ECU, klep, per klep, filter udara, noken as, injektor bahan bakar juga perbanding­an gir transmisi? Karena perbedaan kubikasi dan tenaga mesin.

2. Sehubungan Yamaha R3 tidak dijual untuk pasar Indonesia, apakah Yamaha menjual part tersebut untuk konsumen Indonesia bagi yang ingin mengubah R25 menjadi R3?

Sekian dan terima kasih. Bravo OTOMOTIF.

Satrio Haryoto - Green Sariwangi, Bandung, Jabar

Halo juga Kang Satrio, berikut jawabannya:

Jika hanya sekadar ingin menjadi R3 yang berkapasit­as 321 cc memang cukup ganti blok dan pistonnya, cylinder head lengkap dengan klep dan pernya bisa tetap pakai milik R25, untuk kebutuhan bensin masih bisa diupayakan dengan pemasangan piggyback. Namun jika performa ingin lebih maksimal, tentu cylinder head beserta isinya mesti sekalian punya R3, karena ukurannya klep juga lebih besar, termasuk juga profil kem dan spek injektorny­a berbeda. Untuk filter udara tak perlu ada penggantia­n. Untuk transmisi standar saja, hanya saja yang perlu disesuaika­n final gear, dengan tenaga meningkat biasanya mesti diperberat, namun tidak wajib karena tergantung bobot pengendara dan kondisi jalan yang akan dilalui.

Sayangnya Yamaha Indonesia tidak menjual komponen R3 untuk pasar Indonesia. Jadi mesti cari speed shop yang impor dari Thailand atau negara lain yang menjual R3 untuk pasar lokalnya. Contohnya Sportisi Motorsport di Rawamangun, Jaktim. Memang agak aneh sih, karena barang yang dicari sebenarnya made in Indonesia, tapi harus dibeli dari luar negeri.

 ??  ?? yamaha
yamaha

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia