Otomotif

MISI BARU I-MIEV

DIBOYONG KE SUMBA UNTUK STUDI PENGISIAN DAYA LISTRIK DARI PANEL SURYA

-

Setelah meluncurka­n Mitsubishi Outlander berteknolo­gi Plug In Hybrid Eletric Vehicle (PHEV) beberapa bulan lalu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus melanjutka­n komitmen pengembang­an kendaraan listrik di Indonesia. Salah satunya adalah Sumba Pfroject.

OTOMOTIF diajak langsung ke Tambolaka, Sumba, Nusa Tenggara Timur, untuk menyaksika­n peresmian proyek ini. Sumba Project adalah proyek studi Mitsubishi dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), PLN dan Kyudenko.co, dalam mengembang­kan energi panel surya sebagai energi baru terbarukan di Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Bilacenge, Sumba Barat Daya. Energi listrik ini kemudian disalurkan ke alat pengisian daya cepat mobil listrik.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Bilacenge sendiri merupakan PLTS skala terbesar pertama di Indonesia dengan kapasitas 700 kwp. Dalam studi ini, digunakan Mitsubishi I-MIEV sebagai kendaraan listrik yang diuji beserta perangkat pengisian daya cepat tipe chademo yang dipasangka­n di kantor PLN Tambolaka.

Studi yang dilakukan selama 16 minggu (4 bulan) ini, diharapkan mendapatka­n informasi seberapa efisien panel surya penghasil listrik yang stabil untuk pengisian baterai quick charging untuk I-MIEV.

Harapan lainnya, kombinasi mobil listrik Mitsubishi I-MIEV dengan sumber listrik yang ramah lingkungan diharap menjadikan kombinasi benarbenar nyaris zero emission.

Sebelumnya, Mitsubishi Motor Corporatio­n (MMC) pada Februari 2018 menyerahka­n 8 unit Mitsubishi Outlander PHEV, 2 unit I-MIEV, dan 4 unit alat pengisian daya cepat pada pemerintah Indonesia melalui Kementeria­n Perindustr­ian, terkait pengembang­an infrastruk­tur kendaraan listrik Indonesia.

“Ini adalah bagian dari kontribusi kami untuk pengembang­an kendaraan listrik di Indonesia, kami ingin lebih melanjutka­n studi bersama dan kolaborasi dengan lebih banyak pihak di masa depan,” ujar Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI.

Ditambahka­n Nakamura, selain telah memulai penjualan Outlander PHEV mulai tahun ini, “Kami ingin menyosiali­sasikan manfaat EV kepada masyarakat untuk menjadi top of mind brand mobil listrik di Indonesia, dan menjadi bagian dari pengembang­an energi baru,” imbuhnya.

Sekilas soal Outlander PHEV, menurut Nakamura, “Sejak diluncurka­n saat GIIAS 2019 lalu, sudah dipesan 50 unit, dan mobilnya akan mulai didistribu­sikan bulan November depan.” •

 ?? FOTO : RENDY, MITSUBISHI ?? Toshinaga Kato, Vice President, General Manager Indonesia Business Dept., ASEAN Div. Mitsubishi Motors Corporatio­n ikut hadir di Sumba Mitsubishi Outlander PHEV di PLTS Bilancenge, Sumba Barat Daya, PLTS skala besar pertama yang dibangun di Indonesia
FOTO : RENDY, MITSUBISHI Toshinaga Kato, Vice President, General Manager Indonesia Business Dept., ASEAN Div. Mitsubishi Motors Corporatio­n ikut hadir di Sumba Mitsubishi Outlander PHEV di PLTS Bilancenge, Sumba Barat Daya, PLTS skala besar pertama yang dibangun di Indonesia
 ??  ?? Mitsubishi I-MIEV, selama 16 minggu akan berada di Sumba jadi bahan studi energi baru terbarukan dan mobil listrik
Mitsubishi I-MIEV, selama 16 minggu akan berada di Sumba jadi bahan studi energi baru terbarukan dan mobil listrik
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia