Otomotif

TERNYATA MINIM UBAHAN!

-

Salah

satu penunjang kesan lucu dan imut pada Honda Scoopy tentu dari ukuran ban dan peleknya, yang pakai diameter 12 inci dipadu ban lebar. Tepatnya 100/90-12 untuk depan dan 110/90-12 di belakang.

Hal ini yang membuat Agung Manullang “jatuh cinta” untuk coba mengaplika­si pelek Scoopy ke Honda BEAT miliknya. “Tampaknya bisa membuat tampilan BEAT jadi lebih stylist dan juga berkesan lucu,” tuturnya.

“Dan walaupun menggunaka­n pelek ukuran 12 inci, enggak khawatir ground clearance jadi terlalu rendah, karena kan didukung dengan ban berprofil lebar dan tebal, jadi tetap aman,” lanjut Agung yang juga owner bengkel modifikasi Kumis Project.

Soal pemasangan, ternyata tidak begitu sulit, karena hanya perlu sedikit penyesuaia­n pada pelek depan. “Kalau Scoopy kan segita sok depannya lebih lebar, makanya kalau pasang di BEAT perlu ada penyesuaia­n,” wanti

Agung melanjutka­n, “Pertama dudukan disc brake dibubut 3 mm, agar piringan tidak bertabraka­n dengan tabung sokbreker (Gbr.1). Selain itu, bushing as roda standar yang mempunyai ukuran 3 cm harus dipangkas sekitar 1 cm, agar pelek bisa terpasang (Gbr.2).”

Setelah pelek depan disesuaika­n, tinggal pasang ke BEAT (Gbr.3), alatnya menggunaka­n kunci ring 19 dan ring 14 untuk mengencang­kan mur dan baut as roda.

Sementara untuk pelek belakang tak butuh ubahan alias plug and play (PNP). “Hanya perlu lepas knalpot menggunaka­n kunci ring 14 dan kunci 10, setelah itu pasang pelek lalu kencangkan dengan kunci sok 24 (Gbr.4), jangan lupa pasang lagi knalpotnya,” wanti pria yang beralamat di Jl. Jembatan 11, Rawa Lumbu, Bekasi, Jawa Barat.

Mau ikutan langkah modifikasi ringan ini? Segera saja ke dealer Honda untuk pesan pelek depan yang berkode part 44601K9N02­ZA, harganya Rp 520 ribu (Gbr.5), sedangkan pelek belakang berkode 42650K93N0­0ZB banderolny­a Rp 780 ribu (Gbr.6).

Silakan hunting! •

 ?? FOTO:FAJRIN ??
FOTO:FAJRIN
 ??  ?? 4 6
4 6
 ??  ?? 5
5
 ??  ?? 3
3
 ??  ?? 1
1
 ??  ?? 2
2

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia