Otomotif

PEMBALAP HONDA TERSUKSES

-

Gelar juara dunia ke-6 di kelas Motogp membuat Marc Marquez menjadi pembalap paling terpandang di musim ini. Apalagi ia terus mendominas­i gelar dalam empat tahun terakhir.

Enam gelar yang diraihnya menjadikan Marquez pembalap tersukses dalam sejarah Honda di Motogp. Karena enam gelar yang ia miliki kini sudah mengalahka­n seniornya, Mick Doohan yang mengantong­i lima gelar juara kelas utama.

Ditambah Marquez mendapatka­nnya dalam tujuh tahun bersama Honda. Sedangkan lima gelar juara dunia Mick Doohan diraihnya dalam 11 tahun. Kalau dalam berbagai statistik seperti jumlah kemenangan dan podiumnya masih kalah dari legenda balap Australia itu.

Tetapi harus diingat, Doohan sudah pensiun sejak 1999 dan Marquez dipastikan masih bersama Honda di 2020. Dengan selisih yang tipis, bisa diprediksi semua itu akan tergeser pada paruh pertama Motogp 2020.

“Saya masih terus melanjutka­n karier dan memberikan yang terbaik dalam perjalanan balap saya nanti. Para legenda yang saya terus pecahkan rekornya hanya bonus, karena saya hanya berusaha memberikan yang terbaik di setiap balapan,” ucap pembalap bernomor 93 itu.

“Mereka adalah pembalap yang saya idolakan dan saya hormati. Pada suatu saat, pasti akan ada pembalap yang meneruskan untuk mengalahka­n rekor-rekor saya juga di masa depan,” tutup Marquez dengan bijak. Sekarang Doohan, tahun depan giliran Valentino Rossi yang menjadi target untuk disetaraka­n rekornya. Jika Motogp 2020 ia masih juara dunia juga, maka sudah setara dengan Rossi yang sama-sama mengantong­i sembilan gelar juara dunia dan tujuh di kelas utama. ●

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia